Rusia Trip(7) : St. Petersburg

2019_0903_10181200

Kota terakhir yang kami kunjungi adalah St. Petersburg yang katanya salah satu dari 10 kota tercantik di dunia dan katanya ini adalah Venice of the North. Kota yang berada di pinggir Neva River ini jaraknya sekitar 650km dari Moscow. Untuk menuju kesana kami menggunakan Sapsan Train selama 4 jam perjalanan. Sapsan train ini adalah kereta cepat di Rusia yang kecepatanya maksimal mencapai 350km/jam.

Kami memesan tiket kereta Sapsan 3 bulan sebelum keberangkatan di websitenya langsung.  Kami memesan tipe economy plus dan memilih family cabin. Family cabin ini berisi 7 seat saja dan terpisah dari kursi penumpang lain. Walaupun harganya agak lebih mahal dari seat biasa tapi Alhamdulillah super nyaman dan cocok banget buat kami, saat kemarin kami naik kereta, hanya kami berempat penumpangnya dalam 1 family cabin, anak-anak leluasa lari-lari dan bermain, selain itu kami juga leluasa menaruh koper dan tas.  Alasan kami memilih family cabin karena tidak mau mengulang pengalaman kami naik kereta  bisnis cabin dari Paris ke Brussel yang ga nyaman buat anak-anak karena mereka berisik sedikit langsung dapet lirikan tajam dari penumpang lain.

st peter 2

peter 2

peter1

peter 3

Kami sampai di St. Petersburg sekitar jam 5 sore dan langsung menuju Netizen Hostel / Hotel Spb Center menggunakan taxi. Suasana kota St. Petersburg memang terasa lebih eropa dan lebih tourisity dibanding Moscow, perasaan mirip suasanya di Paris.

Setelah sampai hotel dan beres check in kami langsung istirahat. Di Netizen hostel kami memesan kamar family room untuk 4 orang  dengan privat bathroom yang terdiri dari 1 queen bed ,dan 2 bunkbed, selain itu hotel ini memiliki fasilitas self laundry dan shared kitchen.  Kamarnya memang tidak seluas Adagio Aparthotel tapi jumlah kasurnya lebih banyak jadi lebih lega buat boboan. Anak-anak juga langsung happy pas tau ada bunk bed. Hari ini kami akan mencoba fasilitas selflaundry di hotel, kebetulan stok baju udah super menipis jadi harus segera dicuci. Untuk menggunakan selflaundry dikenakan biaya 100rub ber 1 cycle sampa baju kering, alhamdulillah kapasitas mesin cucinya besar banget 25kg, jadi cukup 1 x cycle beres smua. Hotel ini lokasinya sangat sentral, dekat dengan beberapa landmark di St. Petersburg seperti Nevsky Prospek, Palace Square, Kazan Cathedral, St, Isaac Cathedral dan Hermittage Palace, semua dapat diakses dengan berjalan kaki. Tidak jauh dari hotel juga ada mini market yang menjual mie instan dan sosis halal.

Hari Kedua

Hari kedua di St. Petersburg, kami langung mengunjungi Palace Square, Hermittage Palace, dan Kazan Cathedral dengan jalan kaki, kebetulan jaraknya ga terlalu jauh dari hotel.

Palace Square dan Hermittage Museum berada didalam satu area.  Palace Square seperti alun-alun tapi luas banget, dan disana ada yang menyewakan kereta kencana lengkap dengan raja dan ratu nya, tapi hati-hati ya dengan mereka, karena biasanya mereka agak maksa ngajak foto dan kita akan dikenakan biaya yang mahal banget. Model scam kayak gini sering banget terjadi, untuk menghindarinya mendingan ga usah deket-deket n lirik-lirik deh biar ga disamperin, tapi klo terlanjur disamperin langsung ditolak dan ditinggal pergi.

Hermittage museum berada persis di depan Palace Square, dan antrian masuk ke dalam Hermittage Museum luar biasa panjang, untungnya kami dari awal memang hanya berniat foto-foto saja, ga pengen masuk, kenapa? karena anak-anak ga terlalu suka masuk meseum dan lebih seneng jalan-jalan keliling kota saja selain itu juga penghematan karena tiket masuk museum lumayan sekitar 500-1000 rubble.

2019_0903_10194000

Dari Hermittage museum kami lanjut jalan kaki ke Kazan Cathedral untuk foto-foto saja disana.  Menjelang siang, kami langsung menuju Blue Mosque atau St. Petersburg Mosque karena Mr. Husband mau shalat Jumat disana. Kami memilih  naik taksi menggunakan Yandex Taxi karena tarifnya masih sangat bersahabat dan jaraknya juga tidak terlalu jauh dari depan Kazan Cathedral.  Supir taxi yang kami naiki ternyata muslim, seneng rasanya bertemu dengan saudara muslim disini, dan setelah pak supirnya tau kami mau ke Blue Mosque untuk shalat jumat, kami tidak diizinkan untun membayar argo taksinya, beliau hanya meminta untuk didoakan kebaikan. Ya ampun auto brebesmili dengernya…

Di Blue Mosque, kami bertemu umat muslim St. Petersburg dan selalu merasa terharu karena mereka terlihat sangat solid dan baik. Jamaah Solat Jumat pun penuh banget sampai keluar area masjid. Perbedaan paling mencolok antara masjid di Moscow dan di St. Petersburg adalah suasana solat jumat di st. petersburg lebih santai karena tidak ada penjagaan ketat dari aparat keamanan seperti di Moscow. Setelah solat jumat, kami langsung menuju restoran halal yang persis berada di sebelah masjid. Kami makan siang disitu dan membeli beberapa buah sosis untuk persediaan makanan di hotel.

2019_0903_10195000

Dari Blue Mosque, kami jalan kaki menuju Peter and Paul Fourtrees sekitar 7 menit. Peter and Paul Fourtrees berada di pulau tersendiri yang dipisahkan oleh anak sungai Neva. Sisi luar dari pulau ini dibuat semacam area untuk piknik, berjemur, dan main pasir seperti di pantai, selain itu juga ada dermaga untuk naik  rivercruise. Anak-anak langsung sumringah ketika melihat ada pasir putih, sungai, dan bebek seliweran ,ga pake pikir panjang mereka langsung minta main pasir dulu sebelum masuk kedalam. Sekitar 1 jam kami piknik di pinggir sungai neva, anak-anak asik lari-larian dan main pasir. Setelah puas bermain dipinggir sungai, kami masuk kedalam area Peter and Paul Fourtrees.

2019_0903_10205500

2019_0903_10434100

2019_0903_10214300

Peter and Paul Fourtrees ini seperti benteng pertahanan kerajan. Didalamnya ada banyak bangunan yang sekarang telah difungsikan sebagai museum dan ada gereja besar yang memiliki lapangan luas di depannya. Setelah kami selesai menelusuri jalan utama di dalam area Peter and Paul Fourtrees, kami putuskan untuk pulang ke hotel naik yandex taxi dari pintu belakang saja, jadi ga perlu balik lagi ke gerbang utama.

Sulthan 08

Sulthan 07

Hari Ketiga

Hari ketiga di St. Petersburg, itinerary kami hanya menonton pertunjuka sirkus di Bolsoi State St. Petersburg saja karena anak-anak kecapean dan mager kemana-mana, apalagi abang ngambek ga mau naik stroller, mau nya digendong aja. Ini kode banget kalo anak-anak mulai kecapean dan mereka hanya butuh stay dikamar, tiduran  dan santai-santai.

2019_0903_10265800

2019_0903_10272900

2019_0903_10274700

Sirkus di Rusia sudah menjadi salah satu mata pencarian, jadi tidak terlalu sulit mencari pertunjukan sircus disini. Dan hampir setiap 2 jam ada pertunjukan sirkus. Kami membeli tiket sircus on the spot, dan alhamdulillah masih kebagian kursi walaupun posisinya tidak terlalu strategis. Harga tiket per orang sekitar 1000-1300 rubbel. Pertunjukan sirkus berlangsung selama 2 jam dan ada jeda break 1 jam.  Overall pertunjukan sirkusnya seru tapi menurut saya ada beberapa adegan yang agak kurang pas untuk anak-anak.

Hari Keempat

Hari keempat kami berkunjung Ke Peterhof Garden yang lokasinya  sekitae 25 km St. Petersburg. Peterhof Garden atau Peterhof Palace ini katanya salah satu istana tercantik di Eropa setelah Istana Versailes di Perancis.

Untuk menuju kesini ada beberapa cara, yaitu naik Hydrofoil dari dermaga Hermittage, naik bus dan metro, dan naik taxi. Karena tiket hydrofoil cukup mahal apalagi buat berempat, naik bus dan metro mager angkat-angkat stroller, akhirnya kami pilih naik taxi saja dan menurut kami tarif taxinya masih terjangkau, apalagi diisi berpemat.

Perjalanan dari St. Petersburg ke Peterhof Garden  dengan lama perjalanan sekitar 1.5 jam. Pemandangan selama perjalanan beda banget sama di St. Petersburg, klo di St. Petersburg tuh rame, banyak turis, gedungnya gaya klasik ,nah klo perjalanan menuju Petehof Garden lebih tenang, lebih hijau, lebih nyaman buat hidup.

2019_0903_10280000

2019_0903_10300300

Setelah sampai di Peterhof Garden, kami langsung menuju Lower Park, taman pertama yang paling depan dan gratis. Tamannya cantik, ada banyak fountain kecil-kecil. Sekitar 30 menit kami foto hunting disini, lalu lanjut masuk ke Upper park yang ada Samson Fontainnya. Tiket masuknya seharga 1000 rubbel dan anak- anak gratis. Setelah masuk, langsung disuguhi pemandangan Samsom Fontain yang megah banget menghadap ke Teluk Balkan. Sayangnya kami sampai disini kesiangan jadi ketinggalan pertunjukan fontain dipagi hari,tapi walaupun begitu tempat ini tetep keren.

2019_0903_10330900

Kami mengelilingi taman sampai ke dermaga Hydrofoil yang mengarah ke Teluk Balkan, awalnya mau niat balik ke St. Petersburg naik hydrofoil, tapi pas dipikir-pikir mahal juga ya, mending naik yandex taxi aja. hehhe.

2019_0903_10345200

2019_0903_10344000

Anak-anak sempet main di pinggir pantai dan menikmati laut biru, setelah itu kita kembali lagi ke pintu keluar dan order Yandex taxi menuju dermaga river cruise di belakang Hermittage Museum. Akhirnya kami sampai di dermaga River Cruise di belakang Hermittage Museum, nah setelah survei pasar kami pilih hop on hop off cruise 24jam di depan St. Isaac Cathedral. Rencananya naik 1x jam 4 sore, jam 7 malam mau  naik lagi, dan besok naik lagi sore.

2019_0903_10442300

Kami naik cruise menyusuri Neva River, dan wajar banget kalo St. Petersburg disebut Venice of the Nort karen memang Neva River itu besar dan luas banget, dan banyak banget kanalnya.  Yang paling saya salut,  Neva River bersih banget. Saya ga lihat sampah dipinggir sungai atau dibawah jembatan.

Setelah naik kapal, kami mengunjungi St. Isaac Cathedral yang berada persis di depan dermaga. Di depan St. Isaac Cathedral ada taman yang luas dan digunakan untuk berjemur, dan ada juga playground yang besar dan adem banget. Playground ini seru banget, dan sudah pasti jadi favorit anak-anak.

st peter 8

st peter 5
2019_0903_10384200

Rencana kami untuk naik river cruise dimalam hari gagal, kami terlambat sekian detik karena pas nyebrang kena lampu hijau. Sedih sebenernya, apalagi kami udah lari sekenceng mungkin bagai kuda, huhuu gagal menikmati St. Petersburg dimalam hari. Sebenernya ada 1 jadwal cruise lagi, yaitu jam 00.00 ketika jembatan terbuka, tapi ga mungkin banget kami ikut karena jam nya ga cocok untuk anak-anak. Akhirnya kami putuskan untuk menikmati St. Petersburg dimalam hari dengan berjalan kaki.

2019_0903_10402400

2019_0903_10403000

2019_0903_10403200

Hari Kelima

Hari kelima kami di St. Petersburg  kami gunakan untuk piknik lagi di pinggir sungai Neva di depan Paul and Peter Fourtrees, naik river cruise (numpang bobo siang) dan cari oleh-oleh di sekitar Nevsky Prospect. Piknik di pinggir sungai Paul and Peter Fourtrees emang nyenengin banget, rasanya santai banget, pantes anak-anak seneng banget berlama-lama di sini.

2019_0903_10435100
 Sepertinya estimasi waktu kami di St. Petersburg terlalu lama, karena sudah hampir semua landmark wajib sudah kami kunjungi, tapi positifnya selama di St. Petersburg anak-anak bisa cukup istirahatnya, dan lebih menikmati liburannya.  Dan selama di St. Petersburg kami kemana-mana naik taksi, terasa banget anak-anak lebih nyaman dan ga terlalu cape. Ya begitulah kalo travelling bareng anak-anak, harus menjaga kondisi mereka biar ga kecapean, dan ngikutin mood mereka.

Di hari kelima ini, kami sengaja ga pulang terlalu sore karena persiapan packing untuk balik ke Moscow besok siangnya.  Kami kembali ke Moscow naik Sapsan Train yang sama seperti berangkat dan langsung menuju ke Hotel untuk persiapan kembali ke Jakarta keesokan harinya. Karena pesawat kami dari Moscow sekitar jam 10 malam, rencananya kami akan ke Red Square lagi dan berharap panggung raksasa disana sudah dibongkar dan  ke Izmailovo Market untuk beli oleh-oleh lagi sekalian menghabiskan stok uang rubble yang kami punya.