Staycation : Westlake Resort Yogyakarta

ws 1

Hotel dengan konsep villa dipinggir danau ini sudah memikat hati sejak pertama kali googling hotel dengan family room di Yogyakarta. Hotel ini menawarkan suasana yang berbeda dari kebanyakan hotel di Jogja, letak hotel ini pun jauh dari ring 1 malioboro dan sangat cocok untuk melepas penat dari kesibuk.

Lobby dan Area Hotel

ws 35

Suasana jawa sangat kental di area lobby dan disini banyak sekali dekorasi klasik jawa yang mempercantik tiap sudutnya, ditambah alunan gending jawa yang semakin menguatkan nuansa jawa. Lobby berdekatan dengan ruang meeting, kolam renang, dan restoran,  sedangkan kamar berada terpisah dari lobby hotel. Konsep hotel ini dibuat seperti villa yang mengelilingi danau.Untuk menuju ke kamar, para tamu disediakan fasilitas caddy car yang akan mengantar sampai ke kamar.

ws 36
ws 11

ws 15

ws 16

Hotel ini juga memiliki dermaga  kapal yang enak banget buat dipake foto-foto n duduk-duduk sore dan  dipakai untuk mini gathering, atau sekedar kumpul-kumpul. Setiap weekend   mulai dari jam 4 – 6 sore,  ada penjual sate ayam yang keliling danau, mereka berjualan mengelilingi danau naik boat dan pengunjung bias beli dari balkon kamar atau beli di dermaga.  Harga 1 porsi nya kalo ga salah sekitar 15.000 ( 5 tusuk sate ayam + lontong) dan rasanya enak lho, terbukti saya sampai beli 4 porsi karena anak-anak minta nambah terus. Awalnya kami beli di dermaga, dan makan sate di kursi santai yang ada di dermaga sambal ngobrol santai sama anak-anak, dan lanjut beli  porsi lagi dari kamar, jadi berasa lagi jajan di floating market.
ws 26

ws 25

ws 27

ws 24

Room

Hotel ini memiliki 5 tipe kamar yaitu deluxe, executive, family, suite, dan presiden suit. Setiap tipe kamar ada yang menghadap ke danau dan ke taman.

ws 37

Kami memesan family room yang memghadap ke danau. Kamar tipe family ini terdiri dari 1 tempat tidur king size dan 1 tempat tidur single. Kamarnya cukup luas untuk rombongan kami yang terdiri dari 3 dewasa dan 3 anak-anak. Kamar mandi nya pun terbilang luas tapi sayang tidak dilengkapi dengan bathtube. Fasilitas di kamar juga lumayan lengkap dan colokan listriknya banyak, tapi sayangnya AC kamar di siang dan sore hari kurang berasa, kurang nyess gt padahal berharap banget ngadem didalam kamar setelah kepanasan main diluar.

Lokasi kamar tipe Family room tidak terlalu jauh dari lobby dan dermaga, jadi sebenernya ga naik caddy car pun deket, dan kalo naik caddy car jadi muter keliling dulu karena jalanannya 1 arah, tapi lumayan juga naik caddy car keliling, anggep aja lagi naik odong-odong, anak-anak seneng banget jadi saya suka modus naik caddy car dari lobby hehehe, padahal jalan kaki juga deket.

ws 30

ws 31

Untuk keluarga yang membawa anak-anak  sebaiknya  memilih kamar yang menghadap ke danau karena bisa langsung kasih makan ikan dari balkon. Disetia kamar juga disediakan pelet ikan seharga 10.000 per pax, dan selama 5 hari kami menginap disini, anak-anak sudah menghabiskan pelet 8 pax. Anak-anak sangat suka memberikan makan ikan karena ikannya banyak dan besar-besar.

Restoran
ws 7

Untuk sarapan ada di Klapa restoran yang menghadap ke danau, restoran ini nuansanya jadul dan hommie banget. Konsep restonyanya terbuka sehingga view yang didapat adalah view danau, kolam renang dan pelataran yang ada di tengah. Area resto juga ada dua, yang didalam dan langsung berada di area makanan, dan yang diluar dengan nuansa teras terbuka.

ws 2

Menu breakfast yang disajikan tidak terlalu banyak tapi memiliki pilihan makanan lokal yang cukup beragam seperti nasi kucing, soto, angkringan, nasi goreng, kupat tahu, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, dan jamu. Tapi menurut saya rasanya biasa aja. Menu favorit saya adalah menu angkringan dan bubur ketan hitam.

ws 5

ws 4

ws 6
ws 3

Fasilitas

Hotel ini termasuk hotel ramah anak karena memiliki beberapa fasilitas yang cocok untuk anak-anak dan bikin ga bosen untuk staycation di hotel ini, tapi aktivitas ini rata-rata berbayar.

Bermain di Sungai

ws 39

Westlake Resort memiliki sungai kecil yang mengelilingi area villa/kamar selain danau yang luas. Sungai kecil ini juga banyak ikannya. Menurut saya, spot main air disungai ini paling cocok dilakukan di area sungai dekat lobby karena dangkal, jernih, dan aman. Anak-anak happy banget turun ke sungai untuk main air dan menangkap Ikan.

Kasih makan ikan

Seluruh area perairan baik danau maupun sungai di hotel ini semua dipenuhi ikan. Aktivitas kasih makan ini jadi aktivitas seru buat anak-anak karena mereka ‘bisa dimanapun menebar pellet pasti ada ikan yang dating. Hampir sepanjang hari kami memberi makan ikan dari balkon kamar. Ikannya banyak dan besar-besar. Harga pakan ikan yang disediakan oleh hotel sebesar Rp10.000 / pak.

Berenang

Hotel ini memiliki infinity pool yang menghadap ke danau. Sayangnya, tidak ada kolam renang khusus anak-anak tetapi kedalaman kolam renang sudah diatur ada yang dangkal. Area yang dangkal ini, menurut saya sudah cukup untuk anak-anak,.

ws 40

Naik Sepeda Keliling Resort

ws 20

Pihak hotel juga menyediakan sepeda yang dapat disewa seharga Rp20.000 / jam. Sepeda yang disediakan ada 2 tipe, yaitu sepeda dewasa dan anak-anak. Mr. Husband dan Khay seneng banget main sepeda disini, mereka sampai 2 kali sewa sepeda. Sebenernya saya agak nyesel kemarin kenapa ga bawa sepeda, sepatu roda, dan skuter dari rumah, karena track jalananya sangat aman dipakai buat main itu semua. Untung hotel menyediakan sewa sepeda jadi keinginan main sepeda si Kakak tersalurkan.

ws 12

Lake Tour by Boat

Aktivitas seru lainya adalah Lake Tour. Kami diajak keliling danau naik kapal kecil. Selain keliling danau sambil memberi pakan ikan, kami juga diajak mampir ke pulau kecil ditengah danau untuk bermain Bersama kelinci. Harga tiket Lake Tour Rp50.000/orang dan 1 kapal bias dinaiki oleh 4 orang.  Lake tour paling enak dilakukan di sore hari, sekitar jam 4 an, karena sudah tidak terlalu panas.

Oiya saat keliling danau, akan melewati kamar tipe presiden suite  dengan 2 kamar tidur yang punya kolam renang outdoor di area bekang kamar dan dermaga boat privat, sehingga khusus untuk tamu yang menginap di tipe presiden suite, kalo pagi dijemput boat untuk sarapan di resto. Khay auto pengen donk dia nginep disitu,, wkwkkw ….

ws 8

ws 9
ws 10

Photo Hunting

Menurut saya, hotel ini memiliki banyak spot kece untuk foto dan kegiatan photo hunting untuk saya dan anak-anak merupakah salah satu kegiatan seru disore hari. Kami jalan kaki mengelilingi hotel untuk menikmati suasana hotel yang alami dan kental dengan nuansa jawa. Hampir seluruh sudut area hotel sangat instagramable, pokoknya cucok buat background OOT deh.

Beberapa spot foto yang kece di hotel versi saya..
ws 14

ws 28

ws 29

ws 41

Mancing di Westlake Resto

ws 19

Westlake Resto berada di depan Westlake Resort dan memiliki konsep resto pinggir danau dan danau nya merupakam area memancing. Kami memilih makan di saung pingir danau karena memang niat mau mancing ala-ala. Disini bisa sewa pancingan seharga 15rb dan umpannya 10rb. waktu sewa pancingannya sepuasnya.
ws 17

Menu yang ditawarkan rata-rata menu seafood dengan harga standar ibukota. kami mencicipi udang sambel cobek, kerang hijau, kangkung balacan, dan gurame bakar madu.

Overall kami suka menginap di hotel ini. Hotel ini cukup ramah anak dan aura santainya berasa banget. menurut saya, kalo di hotel ini dilengkapi dengan area playground anak akan lebih seru lagi.

Tapi, hotel ini lokasinya agak jauh dari pusat kota Jogja, jadi kalo orientasinya mau belanja til drop di beringharjo atau malioboro agak kurang pas.