Rusia Trip (6) : 2 Days in Samara

2019_0827_09564200

Hari ke 4 di Rusia, kami akan pindah ke kota Samara untuk bertemu dengan teman disana. Kota Samara jaraknya sekitar 1000km dr Moscow, dan dapat ditempuh dengan pesawat sekitar 2 jam. Jujur saja, saya tidak mempersiapkan detail perjalanan untuk selama di Samara dan saya tidak melakukan research mendalam tentang kota ini. Dan itinarary ke Samara pun tidak saya masukan ke dalam Visa Support ataupun ke dalam form pengajuan Visa. Kota Samara adalah salah satu tuan rumah Piala Dunia 2018 dan disana ada pabrik roket yang digunakan oleh Yuri Gagarin untuk ke bulan.
Dari Moskow, kami memilih naik flight pertama dengan maskapas S7 dan kami hanya membawa 2 buah backpack, barang bawaan lainnya kami tinggal di Hotel. Karena tujuan utama ke Samara adalah untuk mengunjungi teman Mr. Husband, jadi kami memilih untuk mengikuti rencana yang sudah dia siapkan untuk kami selama 2 hari disana dan yang paling menantang dari  kunjungan kami ke Samara adalah karena temen Mr. Husband  sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris, jadi kebayang kocaknya kami akan ngobrol menggunakan google translate selama disana.

Penerbangan kami ke Samara berjalan lancar dan nyaman. Perbedaan waktu antara Moscow dan Samara sekitar 2 jam, setelah sampai di airport kami langsung di jemput dan diajak menikmati pemandangan kota Samara di area view point, titik tertinggi semacam gardu pandang untuk menikmati pemandangan Volga River dan Samaraskaya Luka National Park.  Pemandangannya indah banget dan berbeda dengan pemandangan di Moscow.

samara view

2019_0827_09572600

2019_0827_09575600

2019_0827_09573800

Selama di Samara kami menginap di Holiday Inn Samara, yang lokasinya sangat strategis karena dekat dengan Volga River Prominade, dan kawasan old city dan semua spot wisata dapat diakses dengan jalan kaki.  Itinarary kami selama di Samara sangat santai,  karena niatanya emang bener-bener pengen menikmati kota kecil ini.

Setelah check in, kami langsung diajak makan siang di salah satu restoran halal yang ada di area Volga river promenade. View restonya mengarah ke sungai dan kami memilih meja di lantai 2, jadi pemandangan Volga river terpampang nyata banget.  Agenda kami hari ini super santai, setelah makan siang, saya langsung minta kembali ke hotel karena anak-anak sudah terlihat kelelahan.

Untuk hotel, kami memesan kamar tipe deluxe dan alhamdulillah kamar kami di upgrade menjadi tipe kamar deluxe with sofa bed karena pihak hotel merasa kamar yang kami pesan , ukuran kasurnya tidak nyaman untuk kami berempat. Selain itu, anak-anak dapat free gift, voucher milkshake dan free kids meal for breakfast padahal saya pesan kamar tanpa breakfast.

Selama di Samara, kami tidak membawa perlengkapan memasak, jadi untuk sarapan kami memesan makanan di hotel tapi sebelum pesan kami menanyakan dulu menu apa yang kira-kira halal. Akhirnya  untuk breakfast kami memesan 1 porsi chicket roasted, lemon tea dan 2 kids meal. Ga disangka banget makanan yang kami pesan cukup untuk kami berempat .

2019_0828_07263800

Hari ke 2 di Samara ternyata tidak secerah kemarin, hari ini agak mendung dan berangin, tapi kami tetap putuskan untuk menikmati Volga river dipagi hari.  Rencana awal kami, kami akan main pasir dan berenang di pantai tapi ternyata air nya dingin banget dan anginnya kenceng. Ga nyaman banget main di pinggir pantai karena angina terlalu kenceng, masa main dipantai harus jaketan, hahahhaa.

2019_0828_07304300

Volga River Promenade ini asik dan bersih banget dan di desain sangat family friendly, banyak playground anak-anak dan beberapa atraksi anak-anak seperti trampolin dan perosotan yang terbuat dari balon.

2019_0828_07280300

Kami jalan menyusuri pinggir Volga Rivwe, dan menikmati pemandangan yang tenang dan damai.Pingir sungai Volga ini sengaja dibuat seperti pantai oleh Pemerintah Samara, dan pasirnya bersih banget katanya pasir ini dari dasar sungai.

samara

2019_0828_07285300

2019_0828_07293300

Walaupun Udara dingin, jajan es krim jadi agenda wajib banget buat anak-anak dan yang jualan es krim sama sekali ga ngerti Bahasa Ingris tapi alhamdulillah dia tau Indonesia, hehehhe. Untungnya kami sudah terbiasa dengan Bahasa tubuh selama di Moscow, jadi ketika di Samara yang bener-bener mereka ga ngerti Bahasa inggris sama sekali, saya sudah tidak kaget.  Penjual es krimnya ramah banget dan dia seneng dan heran koq  kami mengunjungi Samara padahal Samara bukan tujua wisata.

Sekitar jam 12 siang kami kembali ke hotel untuk makan siang, solat dan istirahat sebentar, karena jam 3 sore kami akan dijemput dijemput untuk naik boat keliling Volga River.  Awalnya saya kira, kami akan naik river cruise di deket hotel, oh ternyata tidak, dermaga tempat kami naik boat agak jauh dari hotel dan sebelum ke dermaga kami minta untuk dibawa ke museum yang ada roket besarnya, karena Kakak request mau liat roket.

2019_0828_07311200

Kami naik speed boat dari pinggir sungai volga tapi entah dimana, hehehe, dari sana kami menyusuri Volga River dan Samaraskaya Luka National Park. Volga River ternyata  besar banget, sangat terawat, bersih, asri dan indah. Kami diajak menikmati indahnya alam Samara,  dan sebenernya ada rencana mau piknik di pulau kecil di tengah  Volga River tapi sayang udara kurang bersahabat, dingin dan anginnya kenceng banget jadi kami hanya berhenti sebentar lalu kembali ke dermaga karena diinfokan cuaca makin memburuk.

2019_0828_07342200

2019_0828_07325100

2019_0828_07340800

samara

samara 2

Malam terakhir kami di Samara kami akan dinner bareng beberapa teman dari Samara. walaupun kami belum pernah bertemu sebelumnya dan hanya berkomunikasi via wa saja, alhadulillah mereka sangat welcome, sangat menyambut kami dengan baik.

samara 3

Keesokan harinya kami harus kembali ke Moscow untuk melanjutkan perjalanan ke St. Petersburg. Sebelum ke bandara, kami minta diajak ke Masjid di Samara, sayangnya karena waktu mepet, kami tidak sempat masuk ke dalam bangunan masjid dan solat disana.

Pengalaman kami di Samara sangat menyenangkan,  ga nyangka kota kecil ini memberikan nuansa berbeda di cerita travelling kami ke Rusia.