Rusia Trip (5) : Kremlin, Moskwa River, Izmailovo Market, VNDKh Park

Red Square 01

Day 2 : Kremlin, Moskwa River, Izmailovo Market

Moscow pagi ini tidak secerah kemarin, suhu sekitar 18 dcl dan anginya terasa sedikit lebih kencang tapi tidak mengurangi semangat kami untuk mengunjungi Kremlin Palace hari ini. Kami keluar hotel jam 10 pagi dan langsung menuju Kremlin Palace, seperti biasa kami naik metro dari Kievskaya  dan turun di Arbatskaya. Hari ini stasiun metro terasa lebih ramai, Alhamdulillah saya sudah mulai terbiasa dengan suasana metro station yang selalu penuh, warga lokal yang jalannya cepet semua, dan escalator nya yang curam. Stasiun metro di Moscow usianya sudah sangat tua dan tidak ada lift sama sekali, hanya ada eskalator yang sangat curam. Mr. Husband juga sudah mulai terbiasa gotong-gotong stroller dan Kakak sudah berani naik eskalator sendiri.

Red Square 07

Kami turun di Arbatskaya station dan jalan mengikuti petunjuk arah ke Kremlin Palace. Setelah keluar stasiun, kami disambut dengan segarnya taman di luar Kremlin Palace, tidak jauh dari stasiun kami melihat antrian panjang di pintu masuk Kremlin Palace dan  kami pun memutuskan cukup jalan-jalan dan foto-foto disekitar taman saja. Taman ini sangat luas dan tak terasa kami sudah di pintu keluar area Kremlin. Disana ada monument besar sekali, lalu kami menyebrang jalan kearah Moskwa river. Moskwa River adalah sungai besar yang membelah kota Moscow dan menjadi lintasan River Cruise di Moscow. Kami menyusuri Kremlin dari sisi luar tembok merah dan sesekali menyebran jalan untuk menikmati sungai Moskwa sampai ke St. Basil Cathedral

Red Square 09

Red Square 11

Selanjutnya kami akan ke Izmailovo Market untuk membeli sedikit oleh-oleh. Izmailovo Market lokasinya agak jauh dari pusat kota Moscow. Untuk Izmailovo market, kami naik metro line biru sampai ke Partizanskaya Station. Posisi Izmailovo Market berada di belakang komplek Izmailovo hotel  persis berada diseberang Partianskaya Station. Di Izmailovo market banyak sekali penjual oleh-oleh dan harganya jauh lebih murah disbanding di pertokoan daerah Old Arbat, apalagi kalo pinter nawar. Untuk menawar harga, sebaiknya membeli dalam jumlah banyak, minimal kelipatan  3 atau 10pcs untuk benda kecil seperti gantungan kunci atau tempelan kulkas. Saat kami masuk ke Izmailovo Market kami disambut oleh beberapa pedagang yang fasih berbahasa Indonesia,mereka juga menjajakan daganganya dalam Rupiah dan menawarkan matriyoska presiden Indonesia 5 periode. Oiya, sebagian besar pedagang disini melakukan transaksi tunai dengan mata uang Rubble atau US Dollar tapi ada beberapa penjual yang di bagian depan dan di kios yang berada di pinggir itu dapat bertransaksi  non tunai menggunakan kartu kredit. Kami berbelanja di kios yang menjualnya berbahasa inggris, dia baik banget menjelaskan sejarah matriyoska dan memberikan harga yang cukup murah untuk kami.

Izmailovsky 01

Izmailovsky 05

Izmailovsky 03

Izmailovsky 9

Di dekat kios itu, ada penjual yang menjual  ayam bakar, ikan bakar, beef bakar, dan ada tulisan halalnya tapi menurut penjual oleh-oleh tempat kami belanja yang ternyata juga muslim, dia tidak merekomendasikan kami makan disana karena dia ga yakin kehalalannya. Dia menyarankan kami untuk makan siang di restoran Usbekistan yang berada di belakang pasar.

Izmailovsky 11

Setelah selesai makan siang dan sholat di restoran Usbekistan itu kami lanjut ke Izmailovo Kremlin yang ada disebelah Izmailovo market. Saya sangat suka tempat ini karena bentuk bangunan khas rusia disini unik dan warna-warni. Di Izmailovo Kremlin ada museum mainan, dan museum vodka tapi kami ga masuk museum kami hanya foto-foto saja di area Izmailovo Kremlin yang istagramable banget.

Izmailovsky 04

Izmailovsky 07

Izmailovsky 06

Izmailovsky 13

Sekitar jam 5 sore kami kembali ke hotel untuk nyobain indoor pool. Fasilitas indoor pool ini adalah fasilitas dari Novotel yang boleh digunakan oleh tamu Adagio Aparthotel, Ibis, dan Mercure. Indoor Pool ini memiliki 2 ukuran, yang pertama ukuran kolam renang dewasa dengan Panjang sekitar 50meter dan yang kedua kolam renang ukuran anak-anak.  Indoor Pool ini sangat bersih dan nyaman, dijamin banget anak-anak ga akan kedinginan.

Adegio 5

Day 3 : Monumen of Conqueror of Space & VNDKh Park

ocsmo

Di hari ketiga ini kami memilih itinerary santai karena besok kami akan ke Samara dengan flight paling pagi. Hari ini kami akan ke Monumen of Conqueror of Space VNDKh Park yang berada dalam 1 kawasan. Untuk menuju kesana, kami turun di VNDKh station, setelah keluar stasin metro langsung sampai di pintu masuk Monumen of Conqueror of Space. Monumen in berbentuk roket terbang dan asapnya. Monumen ini dibangun untuk memberikan penghargaan kepada cosmonaut Uni Soviet salah satunya adalah Yuri Gagarin.

2019_0827_09524200

Gate VNDKh

Setelah itu kami langsung ke VNDKh Park yang posisinya persis di belakang Monumen of Conqueror of Space.  VNDKh Park ini merupakan  amusment park gratis, dan saat weekend VNDKh Park ini ramai sekali dikunjungi oleh warna Moscow. Di VNDKh Park juga sering digunakan untuk pameran dan konser musik.  VNDKh Park memiliki 14 pintu masuk, kami memilih masuk melalui pintu Utama yang kebetulan dekat dengan posisi kami saat itu. Pintu Utama VNDKh Park yang sangat besar dan megah yang bernama monumental arch of triumph. Setelah masuk kedalam, akan dijumpai banyak sekali museum dikanan dan kiri jalur Utama, dan ada gedung cantik yang merupakan central pavilion avenue dari park ini yang bernama House of Peoples of Rusia.

2019_0827_09525100

Setelah itu, kami menemukan fountain besar yang sepertinya menjadi pusat perhatian hampir seluruh pengunjung disini yang bernama Friendship of Nations. Tepat di depan Frienship of Nation Fontain, ada hamparan karpet bunga warna-warni dan diujungnya ada fountain besar yang bernama The Stone Flower. Sayangnya kami hanya bisa menikmati VNDKh Park sampai di The Stone Flower Fontain ini saja karena sudah agak sore dan anak-anak sudah mulai rewel dan minta main di Playground.

2019_0827_09533100

2019_0827_09553500

Playground yang ada di VNDKh Park ini bisa dibilang cukup besar dengan wahana permainan yang bervariatif.  Sepertinya hampir seluruh anak mampir dan bermain disini jadi walaupun ukuran playgroundnya sudah besar masih saja ramai dan anak-anak harus antri dan gentian untuk bermain. Apalagi kami berkunjung kesini diweekend terakhir sebelum liburan musim panas selesai.

playground

VNDKh Park adalah Park favorit kami selama di Rusia  karena sangat family & children friendly. Park ini sangat luas dan memiliki area fountain dan garden yang sangat cantik, selain itu juga memiliki playground yang besar dan jadi favorit anak-anak. Saya juga melihat banyak keluarga yang menghabiskan sorenya dengan piknik atau duduk disekitar fountain. Kami tidak sempat mengelilingi seluruh area VNDKH Park karena luas banget padahal banyak banget museum, exhibition hall, dan spot keren di tempat ini. Rasanya ga cukup kalo cuma seharian untuk mengexplore seluruh area park ini. Sekitar jam 5 sore kami kembali kehotel karena kami harus prepare untuk penerbangan ke Samara besok pagi.