Rusia Trip (4) : Red Square, St.Basil Cathedral, & Moscow Cathedral Mosque

Day 1 : Red Square, St. Basil Cathedral, GUM Galery, & Moscow Cathedral Mosque

Red Square 16

Red Squre

Alhamdulillah pagi ini sangat cerah, matahari bersinar terang dan langit biru Moscow membuat kami semangat untuk segera meninggalkan hotel untuk menelusuri kota hari ini. Suhu pagi ini kira-kira 21 dcl, suhu yang   nyaman banget untuk warga +62 yang biasa kepanasan kalo di Depok dan kami tidak perlu takut kedingan dan repot  pakai jaket.  Sekitar jam 9 pagi kami mulai petualangan hari ini dengan tujuan pertama adalah Req Square, lapangan merah luas yang jadi pusat icon wisata Moscow.Untuk keliling kota Moscow kami menggunakan Metro. Harga tiket metro sebesar 55RUB untuk 1 kali trip. Untuk pembelian tiketnya bisa satuan per trip atau bisa juga menggunakan Troika Card, semacam e-money yang bisa diisi ulang sesuai kebutuhan dan bisa digunakan untuk berbagai macam moda transportasi di Moscow. Nah, kalau menggunakan Troika Card harga satuan tiket nya jadi 38RUB per 1 kali trip. Lumayan kan diskonnya. Untuk memudahkan mengetahui rute Metro, bisa menggunakan aplikasi Yandex.Metro.  Untuk menuju Red square menggunakan metro dari Kievskaya Metro Station line 3 dan turun di Ploscad Revolyutsi Station, lalu jalan kaki sekitar 10 menit kearah Red Square. Disepanjang jalan menuju Redsquar eada area fountain yang sangat cocok untuk istirahat dan anak-anak bias main air dan lari-larian.

 

Red Square 06

Fontain di deket Ploscad Revolyutsi Station

 

Red Square, St. Basil Cathedral, dan GUM Galery berada dalam 1 area, dan sebenarnya masih ada beberapa icon wisata lain yang berada di area Req Square, tapi sayang ketika kami kesana sedang ada event Spaskaya Festival di area Red Square sehingga icon wisata yang bisa dikunjungin hanya Red Square, St. Basil Cathedral dan GUM Galery saja, yang lain tidak bisa diakses karena ditutup oleh penyelenggara kegiatan.

Saat kami ke Red Square bertepatan dengan pembukaan Spaskaya Festival, jadi akses masuk ke Res Square dijaga ketat dan dibatasi. Sangat sulit mendapatkan foto di depan St. Basil Cathedral. Untuk memperoleh gambar yang lumayan bagus, harus jalan kearah Moskwa River.

Red Square 04

St. Basil Cathedral

GUM Galery adalah departemen store yang ada di area Red Square dan merupakan departemen store tertua di Moscow. Desain interior GUM Galery bergaya klasik, cantik dan sangat terawat. GUM Galery terdiri dari 3 lantai, sejauh mata memandang disana, kami tidak menemukan lift, kami hanya menemukan escalator untuk naik, dan tangga untuk turun. Sungguh luar biasa Mr. Husband turun tangga sambal angkat stroller. Oiya, toilet di GUM Galery ada di lantai 2 dan 3 berbayar seharga 50 Rub, sedangkan untuk toilet VIP yang berada di lantai dasar seharga 100 Rub.

Red Square 27

Suasana Di Luar GUM Galery

gum galery

Interior GUM Galery

Red Square 17

Di GUM Galery wajib banget beli es krim fenomenal yang antri banget seharga 100RUB dan Semangka seger seharga 100RUB di area fontain yang berada di tengah Mall.  Selain di tengah mall, gerai Es Krim ada di beberapa tempat, biasanya di deket pintu masuk. Jadi kalo di tengah antriannya terlalu Panjang, coba jalan ke sekitar pintu masuk saja. Kami selalu beli di gerai es krim yang ada dekat pintu samping GUM Galery.

Red Square 13

Es Krim yang wajib di coba di GUM Galery

 

Red Square 19

Kami lanjut ke Moscow Cathedral Mosque untuk Solat Jumat disana dan mencari supermarket halal di sekitar area Masjid. Dari GUM Galery menuju metro terdekat, kami pilih naik metro dari Lubyanka Station lalu turun di Prospekt Mira Metro Station.

prospekt mira

Untuk sampai di Moscow Cathedral Mosque harus berjalan kaki sekitar 10 menit dari Prospekt Mira. Tidak terlalu sulit untuk mencari masjid  tinggal ikutin aja arah orang-orang  karena di hari Jumat hampir seluruh muslim yang ada di Moscow datang kesini untuk solat Jumat.

masjid 1

Suasana di depan Moscow Cathedral Mosque di hari Jumat

Moscow Cathedral Mosque adalah masjid terbesar di Rusia dan katanya juga salah satu masjid terbesar di Eropa. Suasana masjid siang itu sangat ramai, banyak sekali umat muslim Moscow yang mau solat jumat disana dan pengamannya pun sangat ketat. Disekeliling masjid dijaga oleg aparat keamanan dan untuk masuk ke area masjid harus melewati xray gate dan pemeriksaan oleh aparat keamanan. Jamaahnya juga banyak sekali, area masjid baik di dalam masjid maupun diluar masjid dipenuhi jamaah solat jumat. Selama Mr. Husband solat jumat, saya dan anak-anak menunggu di dekat supermarket yang berada di belakang masjid.

masjid 3

Penjagaan Area Masjid

 

 

masjid 2

Pintu Masuk Area Masjid

Setelah solat jumat, kami mampir ke Supermarket halal dan membeli beberapa bahan makanan seperti telur, sosis, ayam, buah dan beberapa cemilan untuk anak-anak dan kami tidak sempat berlama-lama di masjid setelah solat jumat, karena suasana masjid masih sangat ramai. Tapi kami pasti akan kembali ke masjid ini lagi besok.

Karena hari masih terang, kami memutuskan untuk kembali ke Red Squre tapi masuk dari pintu depan karena masih penasaran dan belum puas mengexplore Red Square. Untuk menuju Red Square dari pintu depan, naik metro dari Prospekt Mira dan turun di Okhotny Ryad. Okhotny Ryad salah satu stasiun metro yang sangat strategis karen bisa akses langsung ke pintu gerbang Red Square, Kremlin, Bolsoi Theater, dan Trevskaya street.

Red Square 25

Red Square 08

Dari Red Square kami jalan kearah Nicolskaya Street untuk menikmati suasana sore disana.   Nicolskaya Street yang penuh dengan dekorasi lampu yang meriah. Sepanjang Nicolskaya Street banyak sekali restoran dan café.

Red Square 02

Red Square 21

Red Square 23
Sebenarnya kami sangat ingin menikmati Nikolskaya Street dimalam hari, namun karena saat summer baru gelap sekitar jam 8 malam sepertinya tidak memungkinkan untuk anak-anak karena khawatir terlalu lelah. Sekitar jam 6 sore kami putuskan kembali ke Hotel.

Kami sangat ingin menikmati Nikolskaya Street dimalam hari, namun karena saat summer baru gelap sekitar jam 8 malam sepertinya tidak memungkinkan untuk anak-anak karena khawatir terlalu Lelah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s