Rusia Trip (3) : Moscow We Coming ..

domodedovo

Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu hari keberangkatan kami ke Rusia, ke negara yang jauh sekali dari Indonesia, ke negara yang tulisanya keriting, ke negara yang tidak menggunakan Bahasa inggris,.. Super Excited..

…. Mari kita taklukan Rusia …..

Kami berangkat memggunakan Thai Airways dari Jakartas sekitar jam 7 malam, dengan rute Jakarta – Bangkok – Moscow, dengan waktu transit sekitar 20 Jam di Bangkok. Perjalanan dari Jakarta ke Bangkok sekitar 3 jam, Alhamdulillah anak-anak aman dan nyaman di pesawat karena  pesawat Thai Airways yang digunakan masih baru dan inflight entertainment nya sangat banyak dan ada chanel khusus untuk anak-anak.

Selain itu, sekitar seminggu sebelum keberangkatan saya sudah pilih kursi dan request halal food dan kids food via aplikasinya dari Android jadi sudah terjamin kami akan memperoleh makanan halal selama dipesawat. Menu halalfoodnya rasanya lumayan enak, tapi tetep aja kurang cocok di lidah saya. Untuk anak-anak, selain dapet makanan berat, juga dapet  Snack Box yang berisi berbagai cemilan anak-anak.

menu 1

Menu Halal Food untuk Dewasa

menu 2

Halal Food untuk Anak-anak

Kami sampai di Bangkok Suvarnabhumi Airport hampir tengah malam, dan selama transit kami menginap di Panini Residence. Hotel berada disekitar bandara kurang lebih 15 menit perjalanan naik taksi dari Suvarnabhumi Airport. Hotelnya murah, per malam sekitar 250rb (tanpa Breakfast) tapi fasilitasnya sangat cukup untuk transit dan wifi nya lumayan kenceng lho. Untuk sarapan pagi, di sekitar hotel ada rumah makan yang menjual makanan halal, total sarapan kami sekitar 120rb.

menu-3.jpg

Menu Sarapan Halal

Sekitar jam 10 pagi kami berangkat ke Suvarnabhumi airport naik taksi yang kami pesan melalui resepsionis hotel. Penerbangan lanjutan kami ke Moscow sekitar jam 2 siang, dan sebelum berangkat kami mencari mushola / prayer room yang berada di area  Suvarnabhumi Airport . Lokasi prayer room berada di lantai 3. untuk mencari prayer room itu tidak terlalu sulit, tinggal mengikuti petunjuk yang tersedia. Prayer room ini sangat nyaman, bersih dan cukup luas. Untuk tempat solat dan tempat wudhu dipisahkan antara laki-laki dan perempuan dengan porsi yang pas. Selain itu, mukena dan Sajadah bersih dan tertata rapih. Petugas mushola pun sangat ramah dengan kami, senang rasanya bertemu saudara sesame muslim disini.

masjid-1-e1571209683608.jpg

Pintu Masuk Mushola

masjid 4

Tempat Solat Laki-laki

masjid 3

Tempat Sholat Perempuan

masjid 2

Halal Food ada Di Lt. 4

Kami sampai di Domodedovo Airport Moscow  sekitar jam 8 malam dan kami langsung cek imigrasi dan urus bagasi. Proses pengecekan di imigrasi agak lama karena dalam proses pengecekan di Imigrasi ini petugas akan mencetak kartu imigrasi untuk setiap orang, kartu ini tidak boleh hilang selama berada di Rusia. Alhamdulillah karena kami membawa 2 orang anak, kami dapat fasilitas Fast Track.

Setelah urusan imigrasi dan bagasi selesai, kami langsung berjalan keluar bandara dan mencari ATM untuk memgambil uang Rubbel, karena kami ga bawa uang rubbel sama sekali.  ATM center berada tidak jauh dari pintu keluar, disana ada beberapa ATM tapi hanya ATM yang berwarna hijau yang berhasil kami gunakan. Setelah itu kami membeli simcard MTC di area bandara. Simcard yang kami beli seharga 1500rub isi 10gb dengan masa aktif 1 bulan. Proses aktivasi berjalan lancar dan cepat, seluruh proses aktivasi dilakukan oleh petugas yang menjual Sim Card, saat membeli simcard kami juga ditanya rencana mau ke kota mana saja.

Jarak antara Domodedovo Airport ke pusat kota sekitar 40km. Untuk ke pusat kota bisa naik taksi atau kereta Aeroexpress. Karena kami berempat dengan bawaan yang cukup berat, kami memilih untuk naik taxi saja biar lebih simpel. Kami pesan taxi menggunakan aplikasi Yandex Taxi. Aplikasi ini mirip aplikasi gojek, uber, dan grab klo di Indonesia, dan mobilnya bisa dipilih sesuai kebutuhan.  Kami memilih armada taxi yang menyediakan carseat untuk anak-anak untuk menghindari potensi ketilang polisi ditengah jalan. Tarif taksi yang memiliki carseat agak lebih mahal dari taksi biasa, selisihnya sekitar 50-100 Rubble. Biaya taksi dari bandara ke hotel sekitar 1000 – 1500 Rub.

Di Domodedovo Airport terdapat beberapa Pick up point Yandex Taxi, kami memilih Pick Up Point area A1 atau A2 karena lebih mudah di akses dan dekat dengan pintu kami keluar bandara.

Setelah kami memesan Yandex Taxi via aplikasi , saya iseng bertanya harga taksi dari bandara ke hotel ke supir taksi di sekitar bandara,dan wow harganya 2x lipat dari harga Yandex Taxi donk, luar biasa.

2019_0824_08081000

Kami menginap di Adagio Aparthotel Kievskaya.  Kami memesan hotel melalui aplikasi Accor dan saya mendaftarkan diri sebagai member accor untuk memperoleh diskon member. Nah kebetulan banget kemarin ketika booking pas dapet promo diskon 40% dan bisa menghemat banyak pengeluaran untuk hotel.  Hotel  ini berada 1 gedung dengan Novotel dan IBIS. Lokasinya sangat strategis persis di depan Kievskaya Metro Station dan Sub urban Train, sebelahan dengan Mall terbesar di Moscow, diapit oleh KFC dan McD. Kievskaya metro Station sendiri adalah salah satu metro station besar yang dilewati beberapa line metro. Klo untuk pelayanan dan fasilitas ga perlu diragukan lagi lah ya, Adagio Aparthotel ini cocok banget buat keluarga karena disetiap kamar dilengkapi dengan Mini Kitchen yang super komplit, ada layanan self laundry (750rub), dan indoor swiming pool.

Proses chek in berjalan mudah dan lancar karena seluruh transaksi sudah kami selesaikan sebelum keberangkatan. Seluruh paspor di registrasi dan tidak dikenakan biaya tambahan. Karena sudah malam, setelah chek in kami langsung istirahat, meluruskan badan biar besok seger dan semangat untuk keliling Moscow.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s