Rusia Trip (1) : Mengajukan Visa Rusia, susah ga sih?

Untuk dapat mengunjungi Rusia, diperlukan Visa turis yang  biasanya  dapat diajukan paling cepat 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan, tapi saya kemarin mengajukan 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Agak dag dig dug sebenernya karena khawatir visa belum keluar ketika tanggal keberangkatan,  apalagi tanggal pengajuan visa kemarin barengan sama pengajuan visa rombongan peserta festival Indonesia di Rusia. Proses pengurusan visa Rusia sendiri maksimal 20 hari kerja, dan bisa juga yang expres  tapi biayanya 2x lipat  dari biaya pengajuan visa biasa.

Susah ga sih ngajuin visa Rusia?

Menurut saya pribadi, mengurus visa Rusia terbilang mudah. Persyaratannya tidak terlalu banyak seperti pengajuan visa schengen. Dokumen persyaratan pengajuan visa rusia adalah :

  1. Paspor dengan masa aktif minimal 6 bulan dari tanggal kepulangan;
  2. Pas foto 3.5 x 4.5 2 lbr
  3. Form online pengajuan visa, di https://visa.kdmid.ru/
  4. Visa support dari travel agent resmi di rusia
  5. Tiket pesawat PP
  6. Bookingan hotel selama di Rusia

Biaya Pengajuan Visa Rusia :

Dokumen yang unik dan kadang membingungkan adalah visa support dan bookingan hotel.

Untuk visa support sendiri ada beberapa travel agent yang sudah banyak digunakan turis Indonesia, seperti bronevik, russiantouris, dlll  dan saya sendiri memilih menggunakan bronevik karena banyak travel blogger yang merekomendasikannya. Untuk prosesnya sendiri mudah dan cepat, tinggal masuk ke webnya https://bronevik.com/en/info/russian-visa-invitation/ , kemudian  kita mengisi form order secara lengkap seperti nomor paspor, tanggal  sampai di Rusia, tanggal kepulangan, itinirary selama di Rusia mau ke kota mana aja, dan nama & alamat hotel selama di Rusia, setelah data tersebut lengkap tinggal  melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, dan  visa support akan dikirim visa email paling lambat 24 jam setelah pembayaran dikonfirmasi. Biaya pembuatan visa support sebesar 24 USD, dan ternyata ada biaya tambahan sebesar 15 USD, biaya ini adalah migratory dangerous country fee. jadi total biayanya adalah 40.2 USD. Visa support  saya dan keluarga di email oleh pihak bronevik 3 jam setelah pembayaran di konfirmasi.

Contoh Visa Support

Untuk bookingan hotel, sebenernya di web Kedutaan Besar Rusia tidak meminta bukti booking hotel, tetapi tetap harus dilampirkan sebagai lampiran visa support. Info yang saya dapat, bookingan hotel harus yang sudah fullpaid yang dibuktikan dengan invoice fullpayment, prin slip mesin EDC, dan booking confirmation, jadi bukan sekedar booking saja. Ini agak sedikit ribet karena rata-rata hotel itu biasanya walau keterangan di webnya “prepaid” tapi baru akan di debet dari CC saat check in. Untuk memudahkan memperoleh dokumen ini, saya pilih Adagio Aparthotel yang merupakan hotel jaringan Accor  dan Netizen Hostel. Kedua hotel tersebut saya booking langsung melalui website hotel masing-masing.  Alhamdulillah kedua hotel tersebut merespon email saya dengan cepat, dan mengirimkan dokumen yang saya butuhkan dalam waktu sehari.  Khusus untuk Adagio Aparthotel kebetulan saya booking atas nama saya tapi saya membayar menggunakan Kartu Kredit suami saya, sehingga  sebelum mereka mendebet transaksi pembayaran hotel dan mengirimkan bukti prinan dari mesin EDC, mereka menanyakan apakah nanti ketika check in saya mampu menunjukan CC atas nama suami saya dan apakah suami saya akan menginap bersama saya.  Dari pengalaman tersebut, selanjutnya saya selalu menyesuaikan nama di bookingan hotel dan nama pemegang CC nya.

Bukti Pembayaran Netizen Hostel

Bukti Pembayaran Adagio Aparthotel

Selain tiket pesawat PP, saya juga melampirkan tiket kereta  Sapsan Moscow- St. Petersburg PP, dan tiket pesawat Moscow – Samara PP sebagai pelengkap dokumen perjalanan.

Saya juga melampirkan asuransi perjalanan dalam dokumen pengajuan visa, namun dikembalikan oleh petugas. Berarti dalam pengajuan visa Rusia tidak memerlukan asuransi perjalanan. Menurut saya suransi perjalanan menjadi salah satu hal penting ketika travelling bukan hanya untuk memenuhi persyaratan pengajuan visa semata, apalagi ketika travelling bersama keluarga. Saya menggunakan   asuransi perjalanan AXA Mandiri  tipe World Wide Excluding Schangen  – Platinum yang saya beli secara online. Oiya sebelum membeli, pastikan dulu apakah asuransi perjalanan yang mau kita beli mengcover Rusia Federation, karena beberapa asuransi perjalanan tidak mengcover wilayah Rusia Federation. Ada baiknya sebelum membeli secara online, telepon dulu ke CS produk terkait biar clear.

Yang paling mengesankan dari proses pengajuan visa Rusia kemarin adalah cara pengambilan antrian yang unik. Dalam 1 hari, kedutaan besar Rusia di Indonesia hanya membuka 10 nomor antrian, dan setiap 1 nomor antrian maksimal dapat membawa 10 aplikasi pengajuan visa. Untuk pengambilan nomor antrian, saya harus datang jam 6 pagi dan menuliskan nama saya di secarik kertas yang ditempel di gerbang kantor Kedutaan Besar Rusia.  Biasanya tidak sampai jam 7 pagi, antrian sudah terisi 10 orang,  padahal layanan pengajuan visa baru buka jam 9 pagi. Alhasil, kemarin saya menunggu di depan gerbang selama 3 jam. Semoga kedepannya Kedutaan Besar Rusia meningkatkan pelayanan pengambilan nomor antrian pengajuan visa nya ya, biar lebih nyaman.

Cara pengambilan no. antrian pengajuan Visa

Proses pengajuan visa relatif cepat, tahapannya hanya menyerahkan berkas , lalu di periksa kelengkapanya, kemudian membayar biaya pembuatan visa sebesar 80USD (kalo bisa bayar pakai USD dan nilainya pas), dan terakhir menunggu bukti tanda bayar yang didalamnya sudah tercantum tanggal pengambilan visa. Simpel banget, ga ada wawancara sama sekali. Proses pengajuan visa kira-kira hanya satu jam.

Kwitansi Pembayaran Biaya Pengajuan Visa

Ternyata ga susah koq bikin visa Rusia, asalkan dokumen lengkap semua.

Tanggal 9 Agustus 2019, saya mengambil paspor saya di Kedutaan Rusia sesuai jadwal yang tertera pada bukti pembayaraan biaya pengajuan visa dan Alhamdulillah visa kami di approve, hehehee. Prose pengambilannya juga cepet banget ga sampe 30 menit.

Yes, visa sudah ditangan, kami sekeluarga siap berangkat ke Rusia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s