Staycation at Pesona Alam Resort Puncak

Liburan Lebaran kali ini kami mencoba untuk Staycation, agak asing bagi keluarga kami karena kami bukan tipe yang suka leyeh-leyeh dihotel, selama ini hotel hanya sebagai tempat istirahat saja setelah lelah explore suatu tempat seharian. Karena saat ini kami memiliki bayi usia 6 bulan, maka kami putuskan untuk mencoba liburan ala Staycation. Hotel pertama yang kami jadikan objek staycation adalah Pesona Alam Resort Puncak yang dari kemaren seliweran aja di feed IG karena banyak temen-temen yang staycation disana dan dari beberapa review hotel ini adalah salah satu hotel ramah anak di kawasan Puncak.

Pesona Alam Resort adalah salah satu Family & Kids Friendly terbaik di area Puncak yang lokasinya sangat dekat dengan Taman Safari Indonesia dan bisa jadi salah satu pilihan akomodasi untuk yang mau main ke Taman Safari Indonesia. Saya memesan 2 kamar tipe Deluxe dan request untuk minta connecting room dan mountain view, namun ternyata tidak terkabul karena memang sedang peak season dan hotel sedang fullbooked, tapi alhamdulillah masih dapat kamar yang sebelahan, tapi viewnya garden. Sebenernya saya pengenya mountain view tapi untuk kamar yang mountain view ga ada kamar yang bersebelahan. Akhirnya kami dapet kamar di lantai 2 dan ternyata lokasi kamar kami strategis banget karena sangat dekat dengan restoran, kolam renang, playground, dan tree house. Cocok banget lokasinya buat rombongan krucil yang hobi banget ngajak bolak balik ke playground. Kamar Tipe Deluxe luas dan ada sofa nya, jadi kasurnya cukup menampung saya berlima ( 2 dewasa, 2 anak, 1 bayi) , untuk fasilitas kamar standar hotel bintang 4, dan yang bikin surprise adalah ada GULING nya karena jarang-jarang lho hotel menyediakan guling. Pesona Alam Resort ini bener-bener family and kids friendly dan bener-bener cocok banget buat staycation karena fasilitas nya lengkap banget, aneka aktifitas dilingkungan hotel bener-bener bikin ga pengen kemana-mana apalagi buat anak-anak ya. Dari awal datang, Khay dan Sulthan udah jatuh cinta sama Playground dan Tree Housenya apalagi ada trampolinya juga, mereka ga sabaran banget pengen langsung main, dan mainya tuh istiqomah banget dari sore sampe gelap, ga ngelirik kolam renang sama sekali, padahal biasanya kalo liat kolam renang langsung minta berenang.

Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan selama Staycation di Pesona Alam Resort? waahhh banyak banget….. di jabarin satu persatu deh ya.

1. Playground & Tree

HousePlayground & Tree House yang disediakan oleh Pesona Alam Resort ini oke banget, cukup banget buat menghabiskan tenaga dua krucil sepanjang sore. Selain itu,kondisi playgroundnua juga terjaga dan tertata rapih. posisinya persis sebelah kolam renang dan dekat dengan parkiran mobil. Jadi, bisa banget nih anak-anak main di playground sembari mamake ngurusin check in di lobby.

2. Kolam Renang

Berenang menjadi salah satu aktivitas wajib buat anak-anak. Kolam renang di Pesona Alam Resort ada 2 jenis, yaitu kolam renang anak dan kolam renang dewasa, dan kedua kolam renang ini airnya hangat lho, jadi ga perlu khawatir kedinginan ya pas berenan, tapi pas naik dari kolam renang, duh duhh dingin buangeeeet.. heehehe..

3. Mini Zoo

Pesona Alam Resort memiliki Mini Zoo yang punya koleksi heman yang lumayan banyak seperti kambing, kelinci, kura-kura, burung, marmut, ular, dan musang. Di Mini Zoo ini, anak-anak bisa memberikan makan dan foto bersama dengan para hewan.Untuk masuk ke Mini Zoo, pengunjung dikenakan biaya Rp25.000. Yang bikin agak bete adalah karena yang harus bayar bukan hanya anak-anak, tapi pendamping juga bayar. hehehe. Awalnya, hanya anak-anak yang masuk, dan kami nunggu diluar, yaah tapi koq jadi ga bisa foto-foto dari deket, ya udah deh, kami masuk juga. Beli 4 tiket deh jadinya.Anak-anak suka banget main di Mini Zoo karena bisa kejar-kejaran sama kelinci, naik kura2, elus-elus ular, dan foto bareng burung-burung.

4. Area Lapangan Hijau

Posisi lapangan hijau ada di tengah, persis dibagian bawah resto. Di area lapangan hijau ini disediakan kursi untuk bersantai, mini golf, bola + gawangnya, bola basket + ringnya, dan net + raketnya. Bisa dibilang ini pusat aktivitas olahraga juga sih, karena ga jauh dari area lapangan, ada gym nya juga lho.

5. Area activity di lantai 5

Setelah magrib, rencananya mau berenang di kolam air hangat, tapi sayang karena hujan, kolam renajng di tutup. Karena kakak ga mau balik ke kamar dan masih main, akhirnya saya tanya ke petugas hotel apakah ada indoor playground, ternyata ada tapi sudah tutup dari jam 5 sore, lalu kami diarahkan ke lantai 5, disana ada cafe dan area denga aneka permainan keluarga seperti tenis meja, xbox, congklak, karambol, catur, dll. Ruangannya juga nyaman, dilengkapi dengan beanbag buat leyeh-leyeh. Anak-anak happy disini, walaupun mereka ga paham apa yang mereka mainin. hehhee

6. All you Can Eat Dinner @ Bayan Restorant

Karena sepanjang malam gerimis dan trafic jalur dari taman safari macet total di depan gerbang Pesona Alam, kami membatalkan rencana untuk Night Safari dan makan malam di saung kuring karena khawatir kejebak macet pas mau balik ke hotel. Bingung mau makan apa yaa malem-malem, akhirnya kita nyobain all you can eat di Bayan resto dengan harga Rp.175.000 per orang dewasa, anak-anak gratis. menu spesial malam ini adalah aneka barberque. Selain menu barberque, menu buffee nya juga ga kalah enak, n komplit banget. Pokoknya sampe kekenyangan deh.

7. Hutan Pinus

Pesona Alam resort memiliki hutan pinus yang instagramable banget. lokasinya agak jauh dari hotel, tapi jangan khawatir karena pihak hotel menyediakan caddy car untuk mengantar tamu menuju hutan pinus, Club Huis, ataupun Lake House.

Di area hutan pinus ini, ada 2 restoran, yang pertama Club Huis, resto dengan gaya jadul dan menu makananya lebih banyak masakan indonesia. suasanya nyaman banget, di setting seperti rumah tempo dulu. Sedangkan yang kedua adalah Lake House yang bernuansa modern, industrial, dan milenial banget. Banyak banget yang dateng kesini cuma buat foto-fo Desain bangunannya juga unik banget. Menu makananya lebih ke western, kopi, ice cream tapi ada juga sih menu Indonesia, tapi ga banyak.

Karena berniat mau menikmati hijau-hijaunya hutan pinus, kami memilih untuk diantar sampai depan area hutan pinus ,lalu jalan santai menelusuri hutan pinus sambil foto-foto sampai ke Lake House. Setalah itu kami beristirahat di Lake House dan mencoba beberapa menu disana sambal leyeh-leyeh dan foto-foto. Sekitar jam 12 siang kami putuskan untuk kembali ke kamar karena harus check out dan kembali kerumah. Dari depan Lake House kami menunggu Caddy Car yang akan mengantar kami sampai Lobby Hotel.

Pesona Alam Resort juga menyediakan aktivitas panen sayuran dan strawberry tapi sayang saat kami kesana bukan masa panen, jadi ga bisa mencoba aktivitas panen sayur dan strawberry. Staycation di Pesona Alam Resor sangat menyenangkan, banyak aktifitas dan fasilitas yang disediakan oleh pihak hotel untuk mengisi waktu slama menginap disini. Pelayanannya juga oke, pokoknya puas n anak-anak seneng semua.