Bangkok Trip Day 1 : Tiba di Bangkok dan ke Asiatique Riverfront

Bangkok trip ini adalah trip agak mendadak karena tiba-tiba saya pengen banget merayakan 7th wedding aniversary diatas chao praya rivercruise. Hahaha. Centil ya mamak ini. Mengingat ini adalah trip tak terencana, dan di awal tahun kami sudah melakukan europe trip yang cukup menguras kantong, makan trip kali ini judulnya trip hemat. Hehehe. Salah satu yg di hemat adalah tiket pesawat. Saya memberanikan diri membeli tiket airasia, karena saya lirik tiket garuda koq ya muahalnya poool dan setelah saya hitung tiket + bagasi + meal + pick seat, total harga air asia masih setengahnya harga tiket garuda. Akhirnya saya putuskan untuk naik airasia saja, demi proposal dinner di chaopraya rivercruise dikabulkan oleh pak suami. Harga tiket jakarta – bangkok pp dengan airasia yg saya dapat sebenernya ga murah bgt sih, cm untuk jadwal brangkat jm 7pagi dan pulang jm 5 sote cukup good deal, diangka 6.3jt Pp ber 4. Hehehe.

Alhamdulillah pagi itu proses check in dan boarding berjalan lancar, penerbangan tepat waktu dan mulus. Awalnya si kakak agak komplen beberapa fasilitas yg biasa dia dapat di pesawat ga ada, cm setelah dijelaskan kalau pesawat yg kita pakai sekarang bukan seperti yang biasa akhirnya dia bisa menikmati perjalanan dengan tidur sepanjang penerbangan.

Kami tiba di don Mueang airport jam 11 siang, setelah beres urusan imigrasi dan bagasi, kami langsung keluar untuk naik bus A1 menuju BTS monchit, dan melanjutkan naik BTs menuju Bts nana untuk menuju hotel. Tapi ketika sedang menunggu bus A1, kondektur bus menanyakan tujuan kami, ketika saya bilang mau ke sukhumvit soi 11, kami diarahkan untuk naik bus A2, turun di halti Big mall, dari situ bisa naik taksi, tuktuk, atau jalan kaki. Katanya sih lebih cepet dan lebih deket.

Kami sampai di Salil Hotel Sukhumvit Soi 11 kira-kira jam 2 siang. Kami langsung check in, dan istirahat sebentar. Harusnya hari ini kami langsung ke Grandpalace, Wat Po, Wat Arun, dan malamnya ke Asiatique riverfront tapi karena sampai hotel sudah terlalu siang, akhirnya kami putuskan untuk langsung ke asiatique riverfront saja.

Hotel tempat kami menginap lokasinya persis didepan hotel mercure sukhumvit Bangkok. Jarak hotel dengan BTs nana kira-kira 5-7 menit jalan kali. Digang sebelah hotel ada restoran halal india, mereka melayani delivery order ke kamar hotel. Hotel ini tidak terlalu besar, cuma saya suka sekali dengan detail desainya yang bergaya Spanyol. Kami memesan kamar premier. Alasan saya memilih hotel ini, selain karena akses nya dekat dengan bTs station, juga karena ada bathtub nya, jadi anak-anak bisa happy main air. Yang agak surprise adalah di kamar disediakan microwafe, kulkas, setrikaan + mejanya, dan perlengkapan makan seperti piring, gelas, mangkok, dan sendok. Ini diluar ekspektasi saya. Saya pikir hanya disediakan minibar standar dengan ketel heater saja. Hehhehe. Karena ada microwafe dan alat makan, tiap malam saya jadi bisa beli makanan untuk dimakan besok paginya.

Kamar yang kami pesan sebenernya tidak termasuk sarapan, tapi karena ada promo early booking, jadi dapat free breakfast untuk 2 orang. Menu breakfastnya cukup variatif, tapi menu yang sekiranya halal sangat terbatas.

Oke lanjut, setelah selesai mandi dan istirahat, kami langsung menuju asiatique riverfront menggunakan skytrain. Dari bts nana kami menuju bts saphan taksin. Lalu jalan kali ke arah saphan taksin pier dan naik shuttle boat gratis ke asiatique riverfront.

Asiatique riverfront tempatnya asik dan kids friendly. Banyak resto dan stall makanan, tapi saya hanya menemukan stall kebab yang berlabel halal. Untuk anak-anak, disana ada komedi puter dan biang lala, tapi untuk naik komedi puter agak mahal menurut saya, sekitar 200thb seorang, klo dengan pendamping 250thb. Untung saya berhasil membujuk khay untuk ga naik komedi puter,jadi dompet aman. hehehhee. Selain resto dan tempat main, ada juga semacam pasar seni yang jual aneka oleh-oleh, nah kami menemukan 1 toko yang menjual serba 100Bath, lumayan murah dan pilihannya banyak, akhirnya kami putuskan belanja oleh-oleh disini aja, biar besok ga kepikiran lagi, mumpung ketemu. Untuk urusan makan, akhirya kami memilih makan di KFC, klo kata mbah gugel KFC nya udh sertifikat halal, sebenernya mau makan kebab aja yg udh pasti halal, cuma pak suami ga mau, dia masih trauma makan kebab tiap hari waktu di yurop trip yang lalu dan dia udah kangen nasi.

Setelah cape berkeliling dan hari mulai gelap, Kakak minta kembali ke hotel karena sudah cape. Kami kembali ke dermaga untuk naik shuttle boat ke saphan taksin pier, ternyata antrianya Panjang banget, awalnya kami masih semangat antri, tapi pas liat anak-anak sudah mulai ngantuk dan tertidur, akhirnya kami putuskan untuk naik taksi saja. Untuk naik taksi, kami harus jalan ke gerbang Asiatique Riverfront, disana ada halte bus, ada tuktuk dan taksi juga yang mangkal disana. Mereka ga ada yang mau pake argo, harga yang ditawarkan ke kami untuk jarak kurleb 12km sekitar 500bath, mahal banget, ditawar ga mau malah ditinggal pergi. Akhirnyaa kami memberanikan diri memberhentikan taksi dijalan, dan alhamdulillah taksinya mau ditawar jadi 200bath. Berikut rincian pengeluaran hari pertama :