Europe Trip : Hotel vs Airbnb

Akomodasi menjadi salah satu komponen biaya yang cukup besar setiap kami family travelling dan saya ditantang untuk bisa dapat akomodasi yang on budget dan lokasinya strategis. Hehhee. Udah budget mepet n harus strategis, ini adalah 2 syarat yang berat. Hahhaha.Untuk europe trip kali ini akhirnya saya mengkombinasikan antara hotel dan airbnb karena tidak disemua kota saya bisa menemukan hotel yg sesuai budget dan lokasinya strategis, dan airbnb jadi salah satu solusinya. Baik hotel maupun airbnb, keduanya memiliki +/- masing-masing. Selama 15 hari perjalanan kami, saya memilih stay di hotel sebanyak 3x itu di Frankfurt 2x dan di Amsterdam 1x. Sedangkan kami menggunakan airbnb di Koln, Gents, dan Paris. Di ketiga kota ini saya ga bisa menemukan hotel yang sesuai budget. Saya mau share tentang plus minus hotel dan airbnb menurut versi kami berdasarkan pengalaman kami selama europe trip kemarin.

Hotel

Plus :

+ Lokasi strategis

+ Gampang dicari karena alamat jelas dan ada papan namanya

waktu check in fleksibel

+ bisa titip koper

+ kamar dibersihin setiap hari

Minus :

– untuk kamar yg sesuai budget kami rata-rata kecil

– ga bisa masak. Palingan masak nasi pakai rice cooker mini (bawa sendiri)

Airbnb

Plus :

+ ukuran kamar luas, bahkan bisa sewa 1 rumah

+ perlengkapan dapur lengkap jadi bisa masak

+ ada mesin cuci dan pengering jadi bisa light packing

+ lebih berasa dirumah jadi lebih nyaman

Minus :

– cari alamatnya agak susah karena ga ada papan namanya

– waktu check in ga fleksibel karena harus janjian sama host nya dlu. Dan klo bisa jangan telat dari jadwal janjian, nanti hostnya bete

– harus jaga kebersihan banget. Harus beberes tiap hari karena ga ada roomservice

– klo check out hrs beberes dulu kalo berantakan banget nanti kena penilaian buruk dari host

– kadang ga ada lift nya

Jujur kalo saya pribadi, pengalaman pertama menggunakan airbnb ga semulus yg dibayangkan. Apalagi urusan check in, Saya harus intensif komunikasi terkait cara chek in, dan janjian untuk ambil kunci. Nah kemarin saya sudah teramat rempong dengan anak-anak jadi kurang komunikasi, alhasil 2x check in ribet luar biasa.

Klo untuk kepuasan dan kenyamanan memang lebih enak di Airbnb, tapi untuk urusan kebersihan, saya agak menyerah kalo pakai Airbnb. Karena pengalaman saya selama di Airbnb, setiap sebelum keluar rumah pasti saya beres-beres dulu, nyuci piring dulu, dll biar nanti pas balik dari jalan-jalan kondisi ruanganya enak dipandang. hehehe, dan itu bikin saya agak senewen kalo pagi,, hahahaha ketauan banget ya kalo males, dan setiap sebelum check out saya harus beres-beres dulu, memastikan sampah ga ada yang berceceran, piring bersih, sprei dan tempat tidur rapih, yaa walaupun ga rapih-rapih banget tapi tertata lah ya. Nah, kejadian pas di Airbnb Paris, saya ga sempet beberes rumah karena dari pagi siap-siap packing untuk pindah ke Brussels, alhasil saya dapet review agak kurang enak dari Hostnya,, hehehe.

Sebenernya ideal banget pake Airbnb kalo untuk perjalanan bersama keluarga, cuma agak kurang cocok untuk saya dan suami karena kami bukan tipe yang suka beres-beres atau bebenah pas travelling, harapannya klo pas travelling bebas dari urusan beres-beres. hahaha. jadi kami lebih memilih di hotel walaupun agak sempit-sempitan.

Advertisements

2 thoughts on “Europe Trip : Hotel vs Airbnb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s