Europe Trip : Jalan Kaki Keliling Kota Frankfurt

Frankfurt merupakan kota pertama dan kota terakhir yang kami karena tiket pesawat kami pulang-pergi dari Frankfurt. Selama tiga hari di Frankfurt kami menginap di Hotel Leonardo yang lokasinya persis di seberang Frankfurt Hbf (Central Station). Sedangkan di hari terakhir kami menginap di Savoy Hotel yang lokasinya juga persis di depan Frankfurt Hbf. Kami sengaja memilih hotel yang sangat dekat dengan Frankfurt Hbf karena kami akan menggunakan kereta api jarak jauh untuk daytrip ke Heidelberg dan pindah ke Koln. Kami sampai di Frankfurt jam 7 pagi, awalnya kami mau naik kereta dari Frankfurt airport ke Frankfurt Hbf, tapi akhirnya kami putuskan untuk naik taksi saja karena anak-anak agak rewel, biaya taksi dari Frankfurt Airport ke Hotel Leonardo sebesar 30 Euro dan kalo naik kereta ICE dari Frankfurt Airport Station ke Frankfurt Hbf 14Euro per orang, kira-kira 28 Euro untuk 2 orang namun kalau naik kereta IC tiketnya 14 Euro untuk 2 orang.Dari Hotel Leonardo menuju pusat atraksi di Frankfurt dapat ditempuh dengan menggunakan Trem dengan tiket 1.9 euro sekali jalan atau jalan kali kira-kira 20 menit. Karena tiket trem sangat mahal di Frankfurt, maka kami memutuskan untuk jalan kaki saja ditengah udara yang cukup dingin, kira-kira 3 dcl. Sesuai petunjuk petugas hotel, kami diarahkan untuk jalan lurus menelusuri jalan raya didepan hotel sampai ke oldtown.

Ditengah perjalanan menuju oldtown, kami melihat ada persimpangan besar dan ada logo Euro besar sekali, oh ternyata itu adalah Bursa efek frankfurt. Kami berhenti sebentar untuk foto-foto, menyusui sulthan sebentar, dan melanjutkan perjalanan.

Akhirnya kami sampai dikawasan old town, dan langsung menuju St. Paul’s Cruch. Dari sana kami lanjut ke Romerberg square, sebuah lapangan besar yang dikelilingi bangunan tua dengan arsitektur khas jerman dan ditengahnya ternapat air mancur bernama fountain of justice tapi sayang saat kami kesana air mancur tersebut sedang direnovasi. Setelah puas foto-foto dikawasan Romerberg kami lanjut jalan kearah Main River, suasana di pinggir Main River sangat bersih dan indah, apalagi pohon-pohon sedang tidak berdaun jadi lebih berasa dramatis. Hehehehee.. Setelah puas menikmati suasana Main River, ternyata sudah jam 5 sore, langit mulai gelap dan udara bertambah dingin. Akhirnya kami putuskan untuk kembali ke Hotel saja.

Frankfurt merupakan kota favorit kami selama perjalanan di eropa. Kami merasa nyaman dikota ini karena disini kami sangat mudah menemukam restoran dan supermarket halal disekitar hotel, selain itu kami banyak menemui sesama muslim disini dan mereka sangat ramah. Selama di frankfurt kami makan di restoran turki, menunya seputar ayam bakar, kebab, pizza, talafa, dkk. Biaya 1 kali makan sekitar 10-15 euro. Oiya porsi makanan disini luar biasa besar untuk kami, jadi kami biasanya hanya pesan 1 kebab plate (kebab yg tidak digulung), dan 1pan pizza, itupun masih kebanyakan buat kami karena memang ukuranya besar banget.

Sebenernya Frankfurt memiliki beberapa museum tapi kami memutuskan untuk tidak mengunjungi museum karena waktu kami terbatas di Frankfurt, dan untuk menghemat budget tentunya. Dan menurut kami, walktour keliling frankfurt seperti ini udah cukup banget.. Hehehhee…