KPR BTN Syariah

Sebenernya ini kisah tertunda,,, hehehehe karena kemaren kepotong kesibukan pameran IFEX 2015 dan ngurusin order yang dateng efek ikut IFEX jadi sedikit kelupaan ngurusin urusan KPR Rumah… hehehehhehe.. kacau ya,,, sebenernya bukan karena g mau ngurusin atau melupakan (padahal rumahnya udah mau jadi tapi saya belum dapet bank nya,, hehehehee). tapi karena maunya itu pake bank syariah otomatis harus nunggu sampai rumahnya jadi, tapi apadaya pihak marketing developer sudah mendesak untuk segera melakukan akad kredit dan mas marketingnya pun sangat kreatif, masukin berkas kami ke Bank BTN dan BTN Syariah, duuuuuh padahal maunya DKI Syariah hehehe tapi ya sudah lah yaaaa… saya pun akhirnya ditelepon pihak bank terus jadinya dan mister pun jadi galau.. hahhahaa

Akhirnya kemarin kita iseng main ke Bank BTN Syariah Warung Jambu bermodal bawa slip gaji 3 bulan terakhir, karena dokumen kita kan udah ada di mereka.
Begini hasil kunjungan saya ke BTN Syariah :
1. BTN syariah menawarkan KPR dengan margin 14%, cicilan flat selama 15 tahun. yaa kali ini beda tipis sama bank sebelah sih,,, hehehhee.
2. BTN Syariah juga memberikan kemudahan cicilan extra sebanyak 3 kali, cicilan extra itu adalah melakukan pembayaran cicilan untuk 5 bulan, 10 bulan, dan 15 bulan cicilan, dimana jika mengambil cicilan extra 5 bulan akan dapat diskon margin 1 bulan, untuk cicilan extra 10 bulan akan mendapatkan diskon margin 2 bulan, dan untuk cicilan extra 15 bulan akan mendapat diskon margin 3 bulan.
3. Jika ingin melakukan pelunasan cepat, di BTN syariah bisa, dan hanya membayar sisa pokok dan 1x margin bulan berjalan + biaya administrasi sekitar 0.75%.

kemudahan-kemudahan itu lah yang ditawarkan oleh Bank BTN Syariah, tapi ternyata BTN syariah ini belum ada fasilitas internet banking, jadi kita harus rutin prin buku tabungan untuk memantau pembayaran KPR kita.
Sebenarnya kemarin saya sudah minta skedul utang untuk plafon yang saya minta, tapi saya belum dikasih, katanya skedul utang itu akan diberikan ketika akad kredit, tp ya sudah lah saya bikin skedul utang sendiri, lumayan klo mau ngatur strategi melakukan cicilan extra untuk mengurangi nilai margin yang kita bayarkan. Oiya, karena walaupun BTN syariah ini judulnya Syariah tapi skedul hutangnya masih menggunakan sistem anuitas dengan porsi pelunasan margin yang lebih besar di awal cicilan, ya mungkin di 5 tahun pertama, klo menurut analisa saya, kalo mau melakukan cicilan extra baiknya dilakukan di 5 tahun pertama karena diskon marginya masih relatif besar.

sekian,, happy KPR , smoga kita smua bisa mendapatkan rumah impian tempat kita sekeluarkan bernaung..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s