Explore Manado #BUNAKEN

Yay,,, alhamdulillah gw dikasih kesempatan untuk menginjakan kaki ke MANADO,, agenda utama gw adalah explore bunaken,, hahahha efek kecanduan diving di wakatobi kemarenan,,  Jadi pas gw tau bakalan dikirim ke Manado dalam rangka kerjaan, gw excited banget.. langsung gw searching dive center yang murah di manado.. hehehhehe. Apalagi pas gw tau klo gw akan pergi sama winda n mas ari,, yayayyaa,,,, asik asik,,,, langsung lah gw bertekad harus ke Bunaken.ehehhehee

Setelah konsultasi sama mbah gugel,, akhirnya ketemulah sama mas benny di forumselam, dy ngasi paket diving yang murahh dibanding yang lain, paket one day trip nya 970rb, 2 spot diving include alat, boat, guide, dan makan siang. Karena gw dan temen-temen ini non lisence jadilah kita cuma discovery scuba diving.. yaaah tahap blajar diving lah, jadi guidenya 1 orang satu. OK deal lah gw sama mas benny ditambah sewa underwater camera 300rb.

Hari yang ditunggu-tunggu dateng juga nih, gw janjian hari minggu tanggal 22 Juni 2014, meeting point di minahasa dive center deket hotel sedona manado. Gw jalan dari hotel travello tempat gw nginep itu jam 7 pagi, naik taxi 60rb sampe sana.  Sampe sana, ternyata tamu nya bukan gw doank, tapi banyak, ada 1 grup dari jakarta, mereka divers berlisensi dan udah jago, dan ada 1 bapak namanya pak erwin yang dateng sendirian dan bareng sama kita, beliau bawa alat sendiri donk sekoper,, keren bingiiiittt,, hhahaahaha. malu gw jadinya secara gw sama temen2 baru tahap belajar.hehehee

sesuai prediksi gw, kita didampingin 4 orang dive master, terus dijelasin secara global, dan diajarin dasar-dasar skill yang harus dimiliki, kayak ecolizing dan maskerclearing. sebenernya waktu di wakatobi gw juga diajarin, cuma disini lebih detail karena judulnya belajar diving kan.hehehehhe. divemasternya mas aldi dan mba devi, si mas benni jadi fotografer kita, hahahhaa…

Jreng jreng waktu nya turun… hihihi degdegan,, campur penasaran, gw mau ngebuktiin bagusnya biota laut bunaken yang biasa cuma gw liat di gugel, hahahha.. yap yap berbekal pengalaman di wakatobi, dive dibunaken sedikit lebih mudah, kuping gw ga terlalu sakit karena gw mulai paham celah ecolizing.  turun pertama gw dikedalaman 5m.. subhanallah indah banget.. baru 5 meter aja udah keren banget, gw liat ada ikan lagi pada upacara.. hahahhaa aneka soft coral yang warnanya cantik banget. ada sekitar 30menitan gw explore akhirnya gw naik, karena kapasitas si tabung.. hehehe

Setelah kelar di spot 1, kita makan siang dlu di pulau bunaken, makan pake nasi kuning manado, kelapa muda, dan pisang (sssstttttt… kelapa muda sama pisang bayar sendiri..wkwkkww). setelah kenyang, lanjut lagi ke spot 2.  Spot 2 ini lebih bagus, karena gw turun pun lebih dalam, sekitar 12meter.. subhanallah itu yaa wall coral nyaa keren banget,,, warna-warna cantik, ada ikan besar, terus bintang laut yang kayak bantal,, pokoknya lebih bagus dari yang pertama. yang bikin gw takjub adalah tembok terumbu karannga ini… keren banget… pokoknya gw puas banget diving di bunaken,, jempolan banget pokoknya.. dan gw jadi kecanduan diving,,, ada niatan pengen ambil lisensi.. hehehehe…. klo kata pak erwin, kita orang indonesia harus suka diving soalnya orang bule jauh-jauh ke indonesia cuma buat liat bawah laut, masa kita ga suka.. hehehehehe,, gw sekarang jatuh cinta banget sama biota laut.. target gw terdekat watudodol sama pulau menjangan hehehe skalian mudik,,

Overall bunaken memang betul-betul cantik seperti yang sering gw liat di gugel.. hehehe.. rekomen banget buat tujuan wisata.. wajib diving disini, pke minahasa dive center.. ga nyesel,, servis mereka ok banget.. Kemaren sempet baca blog yang bilang dia nyesel dateng ke bunaken karena banyak karang patah, nahhh di spot 1 emang gw nemu karang mati atau patah, gw klarifikasi sama guide gw, kata dia itu yang patah atau mati ada diperairan dangkal, biasanya efek kapal bersandar, divers pemula yang pegang atau nambrak, dan pasang surut air laut dan ombak, nah klo ga ada penyebab karena bom, sebab sudah dilarang keras nelayan pake bom di bunaken…

Biaya :

Paket diving 2 spot include alat lengkap, divemaster, boat, makan siang @minahasa dive center Rp970.000. CP Beni : 085270426789