Malang #Perjalanan yang belum selesai

Nah. akhirnya gw kesampean juga nih jalan-jalan ke malang,  ehh bukan jalan-jalan deh, tapi Dinas merangkap jalan-jalan. jadii judulnya jalan jalan gratis disponsori oleh kantor. heheehe… Jadi pas gw tau gw dikirim ke Malang,, alangkah senangnya,, soale gw tiap tahun klo mudik lewat sana tapii gw ga pernah mampir sana.. duhh ngiler banget klo lewat Batu liat jatimpark dll.. rasanya pengen turun main main sebentar.

Sehari sebelum berangkat gw udah browsing-browsing tujuan wisata,, hihihi,, udah siap mental dan fisik pokoknya buat jalan-jalan. Tapi ada 1 yang gw lupa, gw lupa pesen hotel, hahahha pas sampe sana ternyata hampir semua hotel penuh, gara-gara ada wisuda Univ Brawijaya. Berbekal petunjuk dari mahasiswa tempat gw ditugaskan, dapet lah gw home stay yang lumayan ok, bersih dan nyaman, tapi nomaden boo, jadi tiap hari gw pindah-pindah kamar. Kebayang donk gw tiap pagi gotong-gotong koper, tas dan peralatan pumping ke lobi hotel, dan nunggu kabar pas siang hari ada kamar yang available atau ga, klo ga ada ya terpaksa gw angkat kaki dari homestay ini. kejaaam yaa kota Malang..

Kekejaman kota malang ga cuma di Hotel boo,,, gw diare disana, salah makan judulnya, entah apa itu makanannya, enak sih cuma ga bersahabat di perut gw, jadi lah selama disana gw diare, huhuhuu,, bete banget ga sih… padahal katanya di Malang banyak makanan enak, eh gw malah kena makanan yang bikin diare. huhuhuhhuu.. tapi dibalik diare itu, ada kue yang eyecatching banget, gw namain kue lapis rainbow,, ihh unyu-unyu banget itu kue, sebenernya di jakarta banyak tuh kue basah gitu cuma di jakarta palingan cuma 2 warna, nah ini 6 warna, dan lapis tipis-tipis gt, niat banget ga sih yang bikin.. sukaaak banget samaaa kue itu.

Selain ga dapet hotel dan diare, gw juga mengalami “kaki lecet”, ceritanya gw pake sepatu baru biar kece, eh sampe sana malah lecet jadi gw susah jalan, jinjit jinjit ga jelas gt klo jalan,, huhuhu perihh pisan,, untung ada mahasiswa yang kasian sama gw, dy menawarkan diri untuk bantuin gw nyari sendal jepit #nawarin apa gw paksa ya?? lupa gw,, beda tipis lah,,, hahahha,, Emang dasar gw emak-emak rempong,  kaki udah lecet gini masih aja nawar, ga mau pake sendal swallow, kurang kece, ga mau pake sendal jepit, mau nya sendal yangr ada-rada kece dikit gitu,, #pertanda minta diajak ke MATOS.. haaha..  akhirnya gw dapet sendal idaman gw, yang gw namanin sendal pitung itu di pasar tradisional dengan harga 35rb sajoo tapi sayang sendalnya udah rusak sekarang,,, huhuhu nangis guling-guling…

emmm.. rada ngelantur nih gw,, hahhaa

Jadi ,,, kenapa judulnya perjalanan yang belum selesai adalah “karena pas gw di Malang, ga ada satupun tujuan wisata yang udang gw list dari rumah yang bisa gw kunjungi, disana gw beralah tujuan, dari ke wisata main-main seru-seruan,  jadi wisata religi”.. huhuhuhu,, tapi gapapa lah,, wong gratisan pula, hahaha, jadinya gw ke Gunung Kawi, Sindang Biru, dan Masjid Tuban.. wisata religi dan mistis.. hahahahha. eh tapi gw sempet sih merasakain Kota Batu dimalam hari,,, Dingin boo,, ya gapapa lah daripada gak sama sekali. Apes nya gw, gw udah ngiler banget pengen naik kincir raksasa di alun-alun Batu itu, eh pas gw dapet parkiran si kincir itu udh gelap a.k.a udah tutup. huhuhu, jadi hanya bisa gw pandangi aja deh.
ini nih objek wisata yang bikin perjalanan gw tidak selesai,,, hahahhaa

#Pantai Sendang Biru

Dari namanya udah kebayang banyak air warna biru ya.. yay betul ternyata Pantai  Sendang Biru ini adalah semacam lpantai aut air payau, jadi ga murni laut, tapi dibertemuan antara laut dan muara sungai. Merupakan salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Malang,  30 Km Selatan  Malang tepatnya di kecamatan Sumbermanjing Wetan. Disana enak angin semilir, lautnya biru bening gita, dan ombaknya ga terlalu besar. Berdasarkan analisa gw sih, ini pantai adalah muara nya sungai jadii ombaknya bersahabat. ditengahnya ada pulau yang sering dipakai camping.  Dipulau itu pasirny putih banget, kalo kata bapak petugas kapal sih ditengah pulau itu ada danau, nah biasanya yang camping itu menuju ke sana.. Mupeng sih gw pengen main ke pulau itu, tapii gw urungkan lah niat gw.. hehehhe.. Karena perut udah kriuk kriuk, cacing – cacing udah pada konser, jadi kita lanjutkan perjalanan untuk makan siang ,, pake seafood tentunya, kita makan di warung makan yang jual aneka ikan bakar segar.. pokoknya enak banget, tapi jagan ditanya ya gw makan ikan apa,, udah lupa soale, yang gw inget cuma rasanya yang enak.

malang2

#Masjid Tiban

Nah, destinasi selanjutnya adalah Masjid Tiban, yang unik dari masjid ini adalah jalan masuk menuju masjid ini tuh cuma gang kecil yang muat 1 mobil aja.. langsung negthink lah gw, masjid apa nih begini… OMG ternyata masjidnya luas banget,, geudee banget, dan gw heran kenapa ada masjid segede gini ya disini. Masjid Tiiban merupakan sebuah masjid yang terletak didaerah Turen Kabupaten Malang, tepatnya berada diarea pondok pesantren Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah. Masjid ini dipenuhi dengan ukiran cantik yang megah. Masjid ini terdiri dari 9 lantai, namun masih dalam proses pembangunan, jadi belum 100% jadi. Pokoknya luas banget dan indah banget setiap ukiran yang ada dimasjid ini. Subhanallah ditengah perkampungan bisa  terbagun masjid sebesar ini. Di dalam lingkungan masjid ini terdapat pondok pesantren, dan katanya pembangunan masjid ini dilakukan oleh para santri secara swadaya tanpa hutang. Luar biasa yah.. Yang agak unik, di lantai ke 9 itu terdapat semacam pertokoan yang menjual aneka macam barang-barang souvenir.
malang1

Puas jalan-jalan dan sholat di majid Tiban,  lanjut deh ke destinasi selanjutnya,,, yaitu Gunung Kawi.

#Gunung Kawi

Sejujurnya gw ga paham apa itu Gunung Kawi, jadi ya bayangan gw seperti gunung pada umumnya, banyak pohon, rindang, pemandangan indah. Tapii koq ini ke Gunung Kawi malem-malem ya??? apa yang mau dilihat coba… jreng jreeeng sesampainya disana yang gw temuin bukan pemandangan pegunungan seperti gunung-gunung lainnya, tapiii lebih  kearah tempat sembahyangan disebuah pemukiman, kayak tempat sembahyang warga tionghoa, ternyata oh ternyata gunung kawi itu adalah wisata ziarah dan banyak mitos-mitos disana. huhuhuu jadi rada horor karena malem-malem kesana,, disana banyak banget keranjang isinya bunga mawar, dan banyak orang yang duduk-duduk di depan salah satu makam. Karena gw dateng jam 7 malem, jadi acara sembahyangannya belum mulai alias masih ditutup. Lalu disana gw disamperin sama salah satu kuncen yang menceritakan sejarah tentang gunung kawi. Disana ada 1 pohon namanya pohon dewandaru yang dipager keliling, konon katanya klo kejatuhan buah atau daunnya akan dapat berkah, makanya banyak orang yang duduk dibawah pohon itu dan berharap akan kejatuhan daun atau buahnya.

Karena udah malem dan gw mau nonton final bola indonesia vs malaysia u-19, makanya gw mau buru-buru balik hotel deh,,, istirahat dan besok waktunya pulang…..
Sebelum pulang, , gw bertekad untuk menyelesaikan perjalanan ini lain kali, yaitu mengunjungi objek wisata yang gw udah list dirumah lain waktu,,pokoknya harus mengkhatamkan kota malang yang indah ini….
 

Dibalik perjalanan gw yang belum selesai ini,

Banyak hal baru yang gw dapet dari perjalanan kali ini, disini gw ketemu banyak calon orang hebat, ketemu mahasiswa yang kreatif, optimis, dan seru. Gw liat sisi lain mahasiswa yang kampusnya rada “keras” tapi asik, gak kayak kampus gw yang menya menye seoalnya isinya cewe semua. hehehhee. Perjalanan dinas gw kali ini, gw ketemu mahasiswa yang  variatif banget, mulai dari yang suaranya kece, mantan finalis miss indonesia, dan mahasiswa yang nyambung bgt sm gw coz anak nya asik banget, gaul gaul gt deh, mulai dari urusan pasar sampe urusan politik. Yang hebat dari mereka adalah mereka konsisten dan rela meluangkan waktunya untuk mengelola aset negara yang dititipkan ke kampus mereka, mengurus sebuah toko yang menjual peta indonesia di sela-sela kesibukan kuliah mereka. Semoga mereka menjadi pemuda-pemuda pergerakan bangsa yang membawa perubahan .. dan gw sebut mereka teman…#berasa muda…

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s