Melek Financial

Wah temanya berat nih,, tapi ini penting,, alhamdulillah gw sadar pentingnya melek financial belum terlambat banget. Padahal background gw akuntansi ya tapi aduhhhhh ga ada melek-meleknya sama financial.. huhuhu. Untung my besties cumi menyadarkan gw dari keterpurukan.. hahahahha.Dy  gembar- gemborin tuh melek financial, fondasi keuangan, financial freedom dan menyadarkan gw kalo mostly manusia di dunia takut miskin termasuk gw, oleh karena itu dari sekarang wajib hukumnya untuk melek financial. Apalagi punya label istri dan ibu ya, klo ga smart di segala sisi bisa rempong boo…

index


Cumi cukup kerja keras untuk menyadarkan gw, hahaha dikira gw pingsan kali yee perlu disadarkan,, aduh tapi gw bener-bener makasi sama cumi deh pokoknya. Dia nyuru gw beli bukunya teh wina yang judulnya Untuk Indonesia Yang Kuat : 100 Langkah Untuk Tidak Miskin . Langsung lah gw searching di Gramedia Bandung, dan Yaps saya Dapat.. hahahhaha. Buku itu emang menohok ya, langsung gw merasa ketampar bolak balik, berasa di cubit di bangunin dari tidur.. Ya ampunnn gw udah kerja jalan 3 tahun tapi punya tabungan ala kadarnya, ga punya aset ataupun punya pikiran buat investasi, yang gw punya cuma setumpukan tas, sepatu, make up, dan skin care,, dan ituuu ga ada nilainya sama sekali, huhuhuhu..

Akhirnya gw putuskan untuk berubah, gw mulai baca sana sini dan diskusi panjang lebar sama cumi,,, kesimpulan dari diskusi kita adalah :

1. Rejeki itu Allah yang ngatur, tapiii tugas manusia sebagai makhluk berakal dan berbudi  wajib hukumnya untuk mengatur rejeki itu dengan baik, khususnya rejeki berupa gaji atau pendapatan yang kita peroleh rutin tiap bulan agar kita bisa punya masa depan yang lebih baik.

2. Ayoo bikin daftar pengeluaran bulanan, klo ga kaget sekaget kagetnya HEBAT !!!!… hahaha gw aja sampe shok, ternyata banyak banget pengeluaran kita dalam sebulan yang merupakan item-item ga penting atau BOROS, yang bisa dieliminasi dan dialokasikan untuk menabung dan investasi. Kuncinya cuma 1, tahan diri buat BELANJA. bikin skala prioritas,

3. Pastiin cash Flow bulanan kita POSITIF. Positif itu terbebas dari utang kartu kredit  atau utang konsumtif lainnya, dan pastiin kalo income lebih besar dari pengeluaran dan ada sisa tiap bulannya.

4. Bikin dana darurat yukkk, kenapa??? karena ga selamanya kita sehat wal afiat,  kerja ditempat nyaman dan ga di PHK. nah fungsi dana darurat ini untuk mengcover kondisi disaat darurat seperti misal kita sakit dan butuh dana yang besar atau saat kita kehilangan pekerjaan. Cara ngitungnya gampang koq, bisa dari total pengeluaran perbulan atau total penerimaan perbulan, lalu disesuaikan dengan status kita,  ini nih standar nya :

– Single  : 4 x biaya hidup bulanan

– Menikah : 6x biaya hidup bulanan

– Memiliki 1 anak : 9 x biaya hidup bulanan

– Memiliki 2 anak : 12 x biaya hidup

– Freelancer / Self Employed / Small Business Owner : 12 x biaya hidup bulanan

Nah langsung mikir kan gw,,, gw butuh dana darurat berapa nih…. huhuhu 9x biaya hidup booo dan itu gw targetkan maksimal 2 tahun dana darurat gw terpenuhi.

5. Biasakan menabung dan investasi di awal bulan, jadi pas gw nerima gaji, langsung gw masukin 20% buat tabungan, 20% buat investasi, sisahnya boleh gw habisin dalam sebulan… nah itu ternyata lebih efektif dari pada nungguin ada sisa baru investasi,hahahahha klo kayak gitu judulnya kapan kapan aja deh nabung n investnya klo ada yg nyisa. Hahahha

6. Pilih produk investasi yang tepat.  Jangan asal beli nanti tujuan investasinya ga nyampe. Selain itu, klo salah beli produk bisa rugi kita booo… bukan untung malah buntung, jadi sebagai pembeli kita harus cermat.

7. Gw itu demen banget blanja onlen onlenan. Gatel banget liat ols kece. Nahhh setelah gw bertapa semaleman,  gw akhirnya menemukan esensi nya yaitu  Gw itu cm seneng sensasi belanjanya. #naruri wanita. Kadang gedean sensasi blanjanya dari pada tingkat kebutuhan barang yg gw beli… Jadiiii gw alihkan blanja onlen itu jadi blanja reksadana. Kan sama sama onlen tuh via commbank jadi gw blanja yang lebih bermanfaat dan duit gw ga kemana mana cuma berubah bentuk. Dan its works.. lumayan memenuhi hasrat belanja gw.hehehehhe

8. Yang trakhir, gw mulai mencoba bikin financial planning komprehensif sesua kebutuhan keluarga kecil gw. Awalnya gw itung sendiri tapiii lama-lama gw pusing sendiri, dan gw melambaikan tangan ke kamera sambil kibar kibar bendera putih,,, saya nyeraah. Akhirnya gw pake financial planner temennya cumi yang ngasi harga bersahabat di kantong.

Sekian kisah permelekan finansial gw… smoga gw terus konsisten untuk menjalankan planning yang gw udh susun.. ,,, amin

kiss kiss

mrs. Purwonegoro

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s